Sukses

Lifestyle

Tips Mengelola Keuangan saat Ramadan Agar Tidak Menguras Kantong Berlebih

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian besar dari orang Indonesia, Ramadan merupakan waktu khusus untuk melakukan hal-hal yang biasanya hanya dilakukan di bulan suci ini. Di bulan Ramadan, biasanya kita melakukan buka bersama, belanja pakaian baru untuk Idul Fitri, serta kebutuhan lain selama bulan suci dan melakukan mudik.

Tetapi semua peristiwa yang menyenangkan dan mengasyikan yang datang besama di bulan suci ini dapat dengan cepat menekan anggaran. Kita mungkin akan menemukan bahwa sedikit perencanaan keuangan diperlukan untuk mengendalikan uang. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengelola keuangan di bulan Ramadan.

Ketahui Sumber Penghasilan

Dalam mengelola keuangan, penting untuk mengetahui sumber penghasilan. Terlepas dari upah bulanan atau bentuk pendapatan reguler lainna bulan ini beberapa kemungkinan menerima bonus liburan tahunan atau apa yang orang Indonesia sebut THR atau bonus lain apa pun dari atasan.

Kita mungkin juga telah menyisihkan sejumlah uang sepanjang tahun yang dapat digunakan untuk membayar semua kebutuhan selama satu bulan ini dan untuk hari raya Idul Fitri. Beberapa dari kita mungkin sebelumnya telah menginvestasikan uang disebuah bank yang telah memiliki bunga, ini mungkin akan menguntungkanmu.

Perencanaan Pengeluaran

Rencanakan pengeluaran untuk bulan ini. Penganggaran untuk semua kebutuhan Ramadan akan memberikan gambaran jelas tentang betapa banyak uang yang dibutuhkan. Kemudian tinjua anggaranmu jika pengeluaran lebih tinggi dari pendapatan yang diharapkan, dirimu harus mengurangi beberapa pembelian yang tidak terlalu penting dalam daftar anggaran. Mulailah dengan membuat daftar semua hal yang akan dikeluarkan. Cegah pengeluaran berlebih dengan tidak melakukan pembelian impulsif dalam jumlah berlebihan dari makanan atau barang yang dibutuhkan. Dalam kesempatan seperti ini, dirimu harus memiliki anggaran yang harus dipatuhi.

Pantau Pengeluaran

Catat pengeluaran harian, ini akan membantu memantau jumlah uang yang telah dihabiskan dan menganalisis apakah pengeluaran lebih tinggi atau lebih rendah dari yang direncanakan. Dengan cara ini dirimu akan semakin termotivasi untuk menghabiskan lebih sedikit dan menabung lebih banyak.

Simpan untuk Ramadan Berikutnya

Tentu saja tidak ada salahnya bersenang-senang dan menikmati kerja keras yang telah dilakukan sepanjang tahun dengan menghabiskan sedikit uang. Tapi jangan lupa bahwa Ramadan akan datang lagi tahun depan. Jadi pastikan bahwa dirimu memiliki sumber penghasilan yang cukup dan mulai menabung sehingga dirimu akan memiliki tabungan untuk Ramadan berikutnya.

Tetap atur keuangan sebaik mungkin, jika terdapat barang yang tidak terlalu dibutuhkan, jangan terburu-buru untuk membelinya. Tetap catat pengeluaran dan pemasukan serta buat daftar anggaran yang akan dikeluarkan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

What's On Fimela
Loading