Sukses

Lifestyle

Selain Air Putih, Cegah Dehidrasi dengan Konsumsi Ini Juga

Fimela.com, Jakarta Selama bulan Ramadan, kita perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum cukup air putih saat sahur dan berbuka puasa. Tapi bukan berarti kita minum air putih berlebihan sampai perut kembung saat sahur dan berbuka puasa. Kita bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu untuk maksimalkan upaya kita cegah dehidrasi.

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang baik dikonsumsi untuk cegah dehidrasi. Ketika kita berpuasa, kita bisa memilih jenis makanan ini untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Mengutipan hautehijab.com, untuk cegah dehidrasi, selain minum air putih cukup kita juga bisa mengonsumsi jenis-jenis makanan berikut ini. Langsung saja simak di sini.

1. Buah dan Sayur yang Mengandung Banyak Air

Buah-buahan seperti semangka, mentimun, tomat, blewah, dan stroberi bisa dikonsumsi untuk cegah dehidrasi. Sayuran seperti selada dan seledri juga dapat dikonsumsi. Kandungan airnya yang tinggi bisa bantu cegah dehidrasi.

2. Salad

Saat membuat salad, usahakan memiliki kandungan protein dan lemak tak jenuh yang cukup. Salad buah atau salad sayur bisa dikonsumsi saat berbuka puasa untuk mengembalikan energi tubuh. Kurangi penambahan saus yang mengandung banyak gula.

 

3. Sup Berkuah Kaldu Murni

Sup dengan kuah kaldu daging murni sangat pas dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Sup dengan kuah kaldu tulang juga sangat cocok dinikmati saat berbuka puasa. Kaldu tulang kaya mineral dan dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, kaldu tulang juga dapat mengurangi inflamasi usus.

4. Smoothie

Smoothie bisa menjadi menu pilihan untuk sahur. Bisa gunakan susu, yogurt, atau air kelapa. Tambahkan buah, sayur, dan biji-bijian sehat. Smoothie bisa bantu cegah dehidrasi. Selain itu, kandungan antioksidan, vitamin, mineral, dan proteinnya dapat menjaga kondisi tubuh tetap baik sehingga memperlancar aktivitas kita selama berpuasa.

Infused water juga dapat diminum saat sahur dan berbuka puasa untuk mendapatkan vitamin dan mineral penting yang didapatkan tubuh. Untuk cegah dehidrasi, bukan berarti kita harus minum air putih sampai kembung, ya. Tetap makan dan minum secukupnya dengan memilih jenis makanan dan minuman yang tepat.

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading