Sukses

Lifestyle

Makanan yang Tepat untuk Dikonsumsi Selama Ramadan di Tengah Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi virus corona, Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan jaga jarak demi kebaikan bersama untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Pembatasan ruang gerak dan karantina mandiri di rumah harus dijalani dalam bulan Ramadan.

Tetap di rumah saja untuk periode berkepanjangan dapat mengancam keseimbangan jasmani dan mutu hidup masyarakat. Kondisi ini menahan masyarakat untuk bergerak aktif sehingga mengakibatkan penambahan beban stres pada pikiran. Itulah sebabnya WHO (World Health Organization) menekankan pentingnya mempertahankan kesehatan jasmani dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, bergerak aktif, dan menjaga pikiran yang sehat.

Untuk itu, PT Avrist Assurance (Avrist Assurance) menghadirkan sebuah gerakan kesehatan yang bertajuk Wellness Made Easy, yang merupakan sebuah manifestasi atas rekomendasi WHO mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan holistik melalui pikiran, tubuh, dan jiwa.

Untuk mencapai kesegaran jasmani secara holistik, Wellness Made Easy mengajak masyarakat untuk tetap aktif bergerak melalui latihan sederhana dari mana saja dan kapan saja (Movewell), serta mendorong kebiasaan makan makanan yang sehat dan bertanggung jawab untuk meningkatkan nutrisi (Eatwell) agar dapat menjaga sistem imunitas tubuh meski sedang menjalani ibadah puasa Ramadan.

“Untuk mencukupi kebutuhan kalori, seorang individu sebaiknya menghitung kebutuhan kalori setiap harinya dengan menggunakan aplikasi calorie counter. Setelah mengetahui informasi tersebut, maka ia tinggal mengatur asupan kalori pada saat sahur dan buka puasa, sehingga tidak deposit maupun defisit kalori,” ungkap dr Herman Irawan Health Practitioner dari PT Avrtist Assurance.

Saat berpuasa Ramadan, seringkali berat badan malah naik. Hal ini berkaitan dengan disiplin dalam asupan kalori dan beraktivitas saat bulan puasa. Agar kebutuhan kalori dan keseimbangan energi dapat diperoleh, serta menjaga berat badan selama bulan puasa, maka perlu diperhatikan dua faktor, yaitu asupan dan pembakaran kalori.

“Jenis makanan yang layak dikonsumsi untuk menjaga sistem imunitas tubuh dan ketika berpuasa adalah menu makanan yang memiliki manfaat untuk menjaga nutrisi, guna mencegah dehidrasi dan menjaga kualitas aktivitas keseharian. Menu kaya protein (daging, telur, tahu tempe, serta kacang-kacangan), lemak, mineral, dan air. Konsumsi buah-buahan (jeruk, apel, atau melon) pada saat berbuka puasa berguna untuk mengembalikan hidrasi yang dialami ketika berpuasa," lanjur dokter Herman.

 

Gaya hidup aktif

Selain merancang menu makanan yang sehat, perlu juga aktivitas yang seimbang. Gaya hidup aktif adalah melakukan aktivitas sehari-hari yang melibatkan pergerakan tubuh yang dapat membakar energi kalori. Contoh sederhana adalah dengan berjalan kaki, naik turun tangga dan mobilitas lainnya yang bisa dilakukan di rumah.

“Pada umumnya, olah raga tidak mengenal waktu. Tetapi pada saat puasa, kemampuan dan cadangan energi seseorang terbatas, sehingga kemampuan seseorang untuk menjaga cadangan energi untuk berolahraga pun berbeda-beda. Beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh warga awam seperti jalan cepat, jogging santai, atau bersepeda. Kegiatan tersebut dapat membakar antara 100 hingga 300 kalori dalam 45 menit. Tubuh menjadi ringan dan pikiran pun menjadi segar,” tambahnya.

Program Wellness Made Easy dari Avrist ini hadir dalam bentuk kegiatan digital yang interaktif melalui microsite dan live streaming di Instagram dengan para figur online yang akan memandu masyarakat untuk mencapai kesegaran jasmani yang holistik.

 

Menu makanan sehat dari Chef Yuda Bustara

Dalam sesi Eatwell Avrist Assurance menggandeng Celebrity Chef Yuda Bustara untuk berbagi tips sederhana menyiapkan menu buka puasa melalui Instagram Life langsung dari dapur pribadinya. Chef Yuda menyiapkan menu sehat yaitu Salmon in a Bag dan Pineapple Baby Spinach Juice. Sebuah tips cerdas yang dibagikan adalah teknik pengolahan ikan salmon yang dibakar dengan sayur segar, serta minuman sehat yang terdiri dari buah dan sayuran segar.

Sedangkan, untuk segmen Movewell, Avrist Assurance mengajak Coach Imey Lim, salah satu figur fitness online terkenal dengan memberikan kelas pilates guna menguatkan core fisik dalam bentuk Instagram Live berdurasi 60 menit.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading