Sukses

Lifestyle

Hati Gelisah karena Banyak Masalah, Tenangkan dengan Cara Ini

Fimela.com, Jakarta Saat sedang ada masalah, biasanya hati kita akan sangat gelisah. Tidak pernah bisa benar-benar tenang dan terus dihantui rasa cemas. Bahkan pikiran sulit untuk berpikir jernih. Jika kondisi ini berlarut-larut, maka makin sulit bagi kita untuk menemukan solusi atau jalan keluar dari masalah yang kita hadapi.

Untuk itu kita perlu menenangkan diri terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah dengan beristigfar. Mengutip buku La Tahzan, Ibnu Taimiyah berkata, "Jika masalah yang saya hadapi mengalami kebuntuan, maka saya akan beristigfar kepada Allah sebanyak seribu kali (atau kurang lebihnya sebanyak angka itu) niscaya Allah akan membukakan jalan keluar." Salah satu cara untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran adalah dengan beristigfar kepada Dzat Yang memiliki keagungan. 

Jangan Terlalu Bersedih

"Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita." (QS. At-Taubah: 40)

 

Saat rasanya sudah buntu dan tidak bisa menemukan titik terang dari masalah yang sedang kita hadapi, cobalah untuk ambil jeda dan tenangkan diri lebih dahulu. Perbanyak istigfar. Mohon ampunan dan minta petunjuk untuk bisa segera mendapatkan jalan keluar. Meski masalah kita besar, yakinlah bahwa Allah SWT lebih besar dan berkuasa ata segala sesuatu.

Bersedih secukupnya saja. Bersedih dan merasa tertekan atas masalah yang ada adalah hal yang manusiawi. Namun, tak perlu berlarut-larut dalam bersedih. Ada saatnya air mata harus dihapus dan mulai berjalan kembali untuk mencari jalan keluar dari masalah yang ada. Saat kita merasa lemah dan tak berdaya, ingatkan lagi pada diri sendiri bahwa ada Allah yang akan selalu memberi kekuatan baru pada diri kita untuk bangkit.

Semoga dengan memperbanyak istigfar dan melakukannya dengan sungguh-sungguh, kita bisa segera menemukan solusi atau jalan keluar dari permasalahan yang ada. Setiap masalah yang hadir dalam hidup ini akan membentuk pribadi kita jadi lebih tangguh dari waktu ke waktu.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading