Sukses

Lifestyle

7 Akibat Salah Bantal Saat Tidur dari Jerawat Sampai Sakit Leher

Fimela.com, Jakarta Menggunakan bantal saat tidur menjadi hal yang penting untuk mendukung kualitas tidur, terutama di malam hari. Mungkin kamu sendiri tidak menyadari bahwa jenis bantal dan teknik penggunaanya ternyata membawa pengaruh pada kesehatan tubuh.

Selain itu, cara kita merawat bantal juga berdampak pada kualitas tidur dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, dilansir dari Brightside. Ketika kamu menggunakan bantal dengan cara yang salah, bisa berdampak pada masalah berikut ini.

1. Sakit leher

Sama halnya ketika kamu menundukkan kepala terlalu lama, menggunakan bantal terlalu tinggi dan terlalu rendah juga mengakibatkan sakit pada bagian leher. Kamu harus menggunakan bantal yang sesuai dengan posisi tidur favoritmu. Misalnya jika kamu suka tidur menyamping, kamu bisa menggunakan bantal yang keras untuk menyangga leher agar tidak terlalu menekuk.

2. Sakit punggung

Penjajaran antara tubuh dan kepala saat tidur juga mengakibatkan sakit pada punggung. Ketika kamu tidur tengkurap, gunakan bantal yang rata. Jika tidak, kamu akan mengalami sakit punggung bagian bawah. Sementara untuk tidur menyamping, lebih baik gunakan bantal yang cukup tinggi untuk menyangga leher dan tulang belakang.

 

3. Sakit kepala

Pernah mengalami sakit kepala setelah bangun tidur? Bisa jadi hal ini diakibatkan dari penggunaan bantal yang salah. Kamu cenderung menggunakan bantal yang tidak memberi dukungan yang tepat pada lehre. Sehingga membuat leher menjadi tegang dan akhirnya sakit kepala.

4. Reaksi alergi

Jika mulai mengalami rasa gatal pada bagian mata atau terus menerus di siang hari, bisa jadi karena bantalmu terlalu kotor untuk digunakan. Kamu harus mencucinya secara rutin untuk menghindari penumpukkan debu dan pertumbuhan tungau yang mengakibatkan alergi.

5. Mulai kurang tidur

Karena alergi, membuatmu terjaga sepanjang malam. Sehingga memengaruhi kualitas tidurmu. Tubuh tidak mendapat waktu untuk yang cukup memperbaiki dirinya. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai macam masalah seperti kurangnya keterampilan berpikir hingga meningkatkan risiko diabetes dan darah tinggi.

6. Menimbulkan masalah kulit

Saat tidur tengkurap atau menyamping, wajahmu bersentuhan dengan sarung bantal. Sehingga bakteri, kotoran, dan minyak di wajah bisa menempel pada bantal. Pada efek jangka panjang, ia akan menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan jerawat.

7. Mendengkur

Bantal yang tidak nyaman digunakan dapat menyebabkan kamu mendengkur. Karena jalur pernapasan menjadi terhambat sehingga oksigen tidak mengalir dengan sempurna.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading