Sukses

Lifestyle

3 Penyebab Alergi Muncul Saat Kamu Berada di Rumah Seharian

Fimela.com, Jakarta Sejak diberlakukannya PSBB hingga memasuki masa new normal, kamu mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Biasanya, rumah merupakan tempatmu berlindung dari berbagai penyakit, termasuk hal-hal yang bikin kamu alergi di luar sana. 

Mulai dari Alergi serbuk buga, udara dingin, atau juga debu di jalan. Namun, ternyata tidak sedikit orang yang justru alerginya muncul saat berada di rumah seharian. 

Pop Sugar menulis, masing-masing orang memiliki jenis alergi berbeda. Mulai dari hidung tersumbat, sakit kepala, hingga bersin-bersin. Menurut ahli alergi dari Allergy & Asthma Network, Dr. Purvi Parikh, MD, ada 3 hal di rumah yang menyebabkan alergimu kambuh. 

1. Tungau Debu

Binatang yang tidak bisa dilihat tanpa mikroskop ini bagian dari keluarga kutu dan laba-laba. Tungau debu, tulis Pop Sugar, sangat senang dengan teman yang hangat dan cuaca yang panas. 

Meskipun kecil, namun tungau debu mampu memicu reaksi pada tubuhmu dan akhirnya mendorong munculnya gejala reaksi alergi. Seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin, pilek, dan bahkan susah bernapas. Untuk itu, Dr. Parikh merekomendasikan untuk membersihkan rumahmu secara berkala, terutama menyedot debu yang ada di karpet dan keset. 

 

2. Jamur

Jangan biarkan rumahmu bocor hingga tembok berjamur. Kamu yang alergi terhadap jamur bisa saja memiliki reaksi alergi yang cukup serius. Selain itu, jangan biarkan barang-batang yang ada di rumah lembap, seperti keset di kamar mandi, atau baju dan handuk yang kamu gantung di belakang pintu. 

3. Bulu Binatang

Meskipun kamu pecinta binatang, mungkin kamu harus berpikir lagi untuk memelihara hewan peliharaan berbulu di rumah. Bukan hanya bulunya yang rontok, air seni dan liur serta keringat binatang seperti anjing, kucing, hamster, termasuk kelinci, juga dapat menimbulkan reaksi alergi bagi sebagian orang. 

Jika memang ingin tetap memelihara binatang di rumah, cobalah untuk tidak satu kamar dengan binatang tersebut. Biarkan binatangmu berada di kandang yang terletak di luar rumah. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

What's On Fimela
Loading