Sukses

Lifestyle

Pendidikan Karakter Tetap Bisa Dilakukan Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Pendidikan karakter di sekolah sepertinya tidak mungkin dilaksanakan selama masa pandemi. Terlebih sistem pembelajaran yang beralih daring membuat orangtua dan guru kini lebih fokus terhadap nilai akademis.

Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengimbau agar guru dan orangtua tetap memberikan pendidikan karakter di rumah. Sistem pembelajaran daring membuat orangtua kesulitan dalam hal mengerjakan tugas maupun akses internet.

Dengan tetap melakukan pendidikan karakter pada anak di rumah dapat mengurangi tekanan dan kejenuhan di rumah. Menurut Hamid Muhammad selaku Plt Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, penting bagi anak untuk tetap memiliki aktivitas sebagai bagian dari pembelajaran di rumah.

 

Anak diberikan tanggung jawab

Banyak keterampilan yang bisa dipelajari dan dilakukan anak selama pembelajaran daring. Sehingga pendidikan karakter pada anak tetap terbentuk. Seperti membantu orangtua membersihkan rumah hingga berkebun.

Anak juga bisa diberi tanggung jawab akan beberapa tugas di rumah. Sehingga ia dapat melakukan secara mandiri di rumah. Dengan harapan, rasa tanggung jawab pada anak terbawa saat ia mengerjakan tugas-tugas sekolahnya secara daring

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading