Sukses

Parenting

5 Manfaat Pendidikan Karakter Bagi Anak

Fimela.com, Jakarta Masa pandemi Covid-19 tidak dapat dipungkiri menambah kuantitas dan kualitas waktu yang dihabiskan bersama keluarga. Belajar bersama di rumah tidak hanya pelajaran secara akademis, tetapi juga pendidikan karakter melalui keluarga.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Plt. Dirjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhammad mengungkapkan saat di rumah saja, pendidikan karakter atau kecakapan dapat dilakukan dengan membantu orangtua membersihkan rumah.

Lalu apa saja manfaat pendidikan karakter bagi anak? Berikut penjelasannya, dilansir dari berbagai sumber.

1. Membentuk karakter diri

Pendidikan karakter menjadikan individu yang maju, mandiri, dan kokoh dalam menggenggam prinsip.

2. Mengetahui peluang dan bahaya lingkungan

Pendidikan karakter akan menjadi benteng dalam memerangi berbagai perilaku berbahaya. Membantu mempersiapkan anak menghadapi banyak peluang dan bahaya yang tidak diketahui yang ada di masyarakat saat ini. Pendidikan karakter memberi pengetahuan yang mereka butuhkan untuk mengetahui bahaya apa yang ada di masyarakat dan menanganinya dengan benar.

3. Melatih mental dan moral

Mencegah terjadinya kondisi mental yang lemah dengan moral yang tidak baik. Dengan meningkatnya kondisi mental dan moral individu, maka akan menciptakan suasana yang kondusif dan mencegah terjadinya perpecahan.

4. Baik dalam mengambil keputusan dan bertanggung jawab

Seiring meningkatnya moral dan kemampuan berfikir, pendidikan ini sangat berperan penting dalam mempengaruhi kemampuan berfikir individu. Oleh karenanya, seseorang akan lebih bijak dalam mengambil keputusan. Dan mendorong rasa tanggung jawab yang besar.

5. Displin

Sekolah-sekolah yang mengajarkan pendidikan karakter melaporkan kinerja akademik yang lebih tinggi, kehadiran yang lebih baik, pengurangan kekerasan, lebih sedikit masalah disiplin, pengurangan penyalahgunaan zat, dan lebih sedikit vandalisme.

 

 

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Menjelang Momen Lebaran, Ini 4 Cara Mengajarkan Anak Belajar Meminta Maaf
Artikel Selanjutnya
8 Cara Membuat Kamar Mandi Aman untuk Anak