Sukses

Lifestyle

Konsistensi Esta Kapital Fasilitasi Perempuan Pelaku UMKM Bertahan di Era New Normal

Fimela.com, Jakarta Wabah Covid-19 yang melanda Indonesia sejak beberapa bulan silam tak ayal memberikan dampak banyak sektor usaha. Yang kemudian menjadi rentan mengalami kebangkrutan salah satunya ialah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Guna kembali menggenjot roda perekonomian dari sektor UMKM, Esta Kapital berusaha untuk terus konsisten.

Ya, sejak awal berdiri, PT. Esta Kapital Fintek sebagai anak perusahaan dari Esta Corporations berusaha untuk memfasilitasi permodalan usaha mikro yang digerakkan oleh kaum perempuan. Sampai saat ini, total sudah tersalurkan Rp 88 Miliar yang diberikan pada 24 ribu pengusaha, khususnya mereka yang berada di Indonesia bagian timur melalui skema P2P Lending.

"Kita ingin memajukan perekonomian Indonesia lewat industri Peer to Peer untuk menjangkau banyak pihak terutama, sektor produktif UMKM," kata Yefta Surya Gunawan selaku Direktur Utama Esta Kapital, Rabu (15/7/2020).

Dalam pengoperasiannya, Esta Kapital mengumpulkan dana dari investor dengan keuntungan 15% pertahun dan menyalurkannya pada pihak yang dinilai layak. Esta Kapital sendiri merupakan salah satu perusahaan pembiayaan yang sudah terdaftar dan mendapatkan izin pengoperasian dari pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Esta Kapital

Mengenai alasannya yang fokus dalam pendanaan pelaku UMKM kaum hawa, Yepta pun memberikan alasannya.

"Kita fokus di sektor mikro. Kebanyakan kita di (sektor) perdagangan dan 100 persen (sasarannya) wanita karena wanita lebih bertanggung jawab. Jadi nantinya mereka dibentuk komunitasnya dulu, dan segment mikro itu lah yang kita bisa berdayakan," terang Yepta.

Guna lebih memperluas pasar sekaligus memudahkan pihak-pihak terkait, baik para investor maupun pelaku usaha, Esta Kapital pun akan segera memperkenalkan aplikasi mobile yang bisa diunduh di Appstore maupun Playstore. Di samping itu, guna meningkatkan kepercayaan publik, mereka pun meresmikan kantor baru yang belokasi di Alam Sutera, BSD, Tangerang Selatan.

"Dengan peresmian kantor baru ini, saya berharap dapat menciptakan semangat dan inovasi yang baru sehingga nantinya akan meningkatkan pelayanan yang prima. Di samping itu, dengan berpindah ke kantor baru ini kami berharap dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri kami, dan juga meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat serta para partner kepada Esta Kapital," pungkas Yefta Surya Gunawan.

#ChangeMaker

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.
    UMKM
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Talenta Wirausaha BSI, Upaya Pemerintah untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM
Artikel Selanjutnya
Asah Keterampilan Perempuan Jalani Bisnis UMKM Berbasis Digital dalam Program Akselerator