Sukses

Lifestyle

Hangat dan Intim, 4 Manfaat Berdekapan pada Pasangan Suami Istri

Fimela.com, Jakarta Untuk meningkatkan keromantisan hubungan, sentuhan yang hangat sangat diperlukan. Salah satunya adalah berdekapan. Berdekapan yang hangat dan intim bisa memberi sejumlah manfaat pada hubungan suami istri.

Berdekapan bisa menghadirkan perasaan nyaman. Mengutip laman wellandgood.com, Carla Marie Manly, PhD, psikolog klinis dan penulis Joy From Fear mengungkapkan bahwa didekap bisa menghadirkan perasaan dicintai, diberi rasa nyaman, dan diperhatikan. Saat kecil, kita bisa menemukan kenyamanan dan kehangatan tersendiri saat berada dalam dekapan orangtua. Saat dewasa dan menikah, dekapan dengan pasangan pun bisa memberi sejumlah manfaat yang ternyata dapat meningkatkan keromantisan hubungan.

1. Membangun Kedekatan pada Awal Hubungan

Saat baru menikah dan masih canggung satu sama lain, dekapan bisa bantu cairkan suasana. Ketika berdekapan, hormon oksitosin akan dilepaskan dalam tubuh. Dengan meningkatnya hormon oksitosin, maka akan muncul perasaan nyaman dan bahagia. Kedekatan pun bisa terbentuk secara alami.

2. Meningkatkan Kenyamanan setelah Berhubungan Intim

Dr. Manly menjelaskan bahwa saat berhubungan intim, kadar oksitosin meningkat dan ini meningkatkan perasaan saling terhubung satu sama lain. Meski kadar oksitosin menurun setelah orgasme, berdekapan dan jenis kontak fisik lainnya dapat mempertahankan kadar oksitosin dalam sistem tubuh. Bila ingin meningkatkan kenyamanan setelah berhubungan intim, berdekapan bisa jadi salah satu cara terbaiknya.

3. Meredakan Stres

Ketika baru melalui hari yang panjang dan melelahkan, berdekapan selama beberapa saat dengan pasangan bisa bantu menenangkan pikiran. Dengan berdekapan, maka kadar hormon stres bisa menurun dan hormon oksitosin meningkat. Sehingga perasaan capek dan tertekan karena stres pun bisa mereda.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Memeluk dan mendekap orang tercinta begitu dekat dan hangat bisa bantu saling menguatkan diri dan memberi harapan. Berdekapan dapat meningkatkan kesehatan mental. Sehingga tidak mudah sedih atau tidak mudah tertekan saat berada pada situasi-situasi sulit.

Rutin berdekapan bisa sangat membantu keutuhan dan keharmonisan hubungan suami istri dalam jangka panjang. Kedekatan fisik dan emosi bisa makin kuat dengan kontak fisik yang dilakukan dengan penuh kehangatan.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading