Sukses

Lifestyle

Menjaga Diri di Tengah Pandemi Bisa Dimulai dari Keluarga

Fimela.com, Jakarta Oleh: Lailatul Fitriyah

Selama masa pandemi, waktuku lebih banyak kuhabiskan di rumah bersama suami dan kedua putriku. Dari pagi sampai ketemu pagi lagi tetap saja stay at home. Rutinitas keluarga pun hampir tidak ada variasinya. Tapi kami menikmati kebersamaan kami dalam waktu yang lama. 

Tidak seperti hari-hari sebelumnya, tiap pagi aku masak sederhana dan dengan porsi yang tidak terlalu banyak, hanya untuk kami bertiga, karena putri pertamaku di pesantren. Siang hari, aku makan di sekolah. Sore, baru bisa kumpul lagi dengan suami dan putriku. Untuk masalah makan malam di keluarga, tergantung situasi dan nafsu makan kami. Kalau masih ada masakan pagi tadi, cukup saya hangatkan dan melanjutkan eksekusi sisa makanan yang ada, atau masak lagi sedikit lauknya. Terkadang saya beli makanan di warung untuk makan malam kami. 

Awal April, putri pertamaku dipulangkan dari pesantren karena imbas pandemi. Jadwal masak dan jumlah porsi makan kami pun bertambah. Biasanya masak hanya sekali dua kali sehari, kini menjadi berkali-kali. Biasanya hanya sedikit porsi, kini menjadi banyak porsi. Tapi, alhamdulillah Allah SWT masih memberi rezeki untuk perputaran kehidupan kami. 

Dasarnya anak perempuan, maunya selalu ingin berkutat di dapur. Selalu saja ada kudapan yang mau dia buat. Dia mulai berselancar mencari resep masakan yang mau dibuat. Mulai dari donat, bakpau, pizza ala-ala, sampai makanan apa saja yang belum pernah ada di dapur kami. Tapi makanan khas ayahnya yang tetap jadi kudapn favorit di rumah. Ya, pempek Palembang masih sering muncul di dapur kami sebagai obat rindu kala tak bisa pulang kampung. Karena jadwal dan porsi makan kami bertambah, alhasil berat badan pun tidak mau diam saja. Dia juga ikut bertambah melesat arah jarum timbangan badan kala kami naik di atasnya. Wow fantastis, sampai malu menyebutkan angkanya. Melemu (menjadi gendut) bersama, sepertinya itu yang lagi tren sekarang. 

Untuk mengimbangi kegemaran kuliner selama di rumah saja, setiap pagi kami paksakan untuk menyempatkan olahraga sambil berjemur di depan rumah. Kulineran tetap jalan, olah raga juga harus ikut jalan walaupun masih di rumah saja.  Tetap semangat jaga kesehatan, berpikir positif, dan selalu berdoa semoga virus corona segera musnah. Amin.

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading