Sukses

Lifestyle

8 Tips Menjaga Fokus Tanpa Bantuan Kafein

Fimela.com, Jakarta Kafein seringkali dikaitkan dengan produktivitas dan fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, apakah kamu salah satu yang tidak bisa lepas dari kafein? Namun, ternyata ada beberapa cara lain untuk menjaga fokus tanpa bantuan kafein, dilansir dari purewow.com. Penasaran?

1. Membuat daftar musik untuk dimainkan

Musik dapat membuatmu merasa lebih baik, menurut studi yang dilakukan oleh University of Missouri. Peneliti menemukan bahwa musik yang ceria dapat mempengaruhi suasana hati secara positif.

2. Mengunyah permen karet

Menurut sebuah penelitian di Universitas Coventry, mengunyah permen karet dapat merangsang sistem saraf otonom yang meningkatkan kewaspadaan. Aktivitas mengunyah juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Selain itu, aroma peppermint sangat efektif untuk meningkatkan suasana hati dan energi.

3. Menyalakan lampu

Menghabiskan waktu di luar dapat membantu mengatur hormon dan neurotransmiter yang berefek kuat pada suasana hati, perilaku, dan pola ritme alami tubuh. Atau kamu bisa menyalakan lampu di dalam ruangan yang secara alami merangsang ritme sirkadian tubuh dan menekan pelepasan melatonin, tanpa kafein.

4. Pastikan tubuh terhidrasi

Saat dehidrasi, kamu akan merasa lesu dan mengantuk. Tambahkan jeruk ke dalam air putih untuk beberapa manfaat kesehatan, seperti meningkatkan energi.

5. Mengonsumsi camilan sehat

Gula dan karbohidrat bukan cara tepat untuk menjaga fokus, tanpa kafein. Penelitian menunjukkan bahwa gula justru dapat memblokir neuron yang membantumu tetap terjaga.

6. Memijat telinga

Gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk menggosok lembut bagian atas telinga. Lakukan secara perlahan hingga ke lobus dan ulangi sesuai kebutuhan.

7. Istirahat

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Flinders, tidur selama 10 menit akan membantumu merasa lebih waspada dan meningkatkan kinerja kognitif.

8. Mandi air dingin

Mandi air dingin dapat meningkatkan detak jantung tubuh, yang pada gilirannya melepaskan aliran darah ke seluruh tubuh. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading