Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kadar Gula Darah Tinggi yang Tidak Boleh Diabaikan

Fimela.com, Jakarta Keluhan ringan mengenai kesehatan yang kadang kamu rasakan memang tidak perlu kamu khawatirkan. Kecuali, gejala tersebut terasa terus menerus dalam waktu yang cukup lama. Seperti pusing dan mual, misalnya. Pasalnya, gejala ringan bisa saja menjadi tanda penyakit atau gangguan kesehatan yang serius, seperti kadar gula yang tinggi. 

Kondisi ini juga disebut hyperglycemia, yang muncul ketika terdapat glukosa di dalam aliran darahmu. Biasanya, hal ini terjadi pada pasien diabetes. Sebenarnya, tubuh yang sehat bisa menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Namun, ketika pankreas dan organ dalam tubuhmu tidak bekerja secara maksimal, kadar gula dalam darah bisa saja naik. 

Untuk mengetahui seberapa banyak kadar gula dalam darah, kamu harus memeriksakannya di klinik atau rumah sakit. Namun, menurut Self.com, terdapat beberapa tanda umum yang mesti ringan tidak boleh kamu abaikan. Apa saja? 

1. Mudah Lelah

Kerap kali disangka anemia, mudah lelah ternyata juga menjadi tanda awal gula darah tinggi. Hal ini bisa juga terjadi ketika kenaikan gula darahmu hanya sedikit di atas batas normal. 

2. Sering BAK

Banyak minum tentu akan membuatmu lebih sering buang air kecil (BAK). Namun, ketika frekuensinya semakin sering dan dekat, kamu perlu memeriksakan diri ke rumah sakit. Karena ini bisa menjadi tanda awal gula darah naik. 

3. Mudah Haus

Ketika kamu terlalu sering BAK, Self.com menulis, tentu saja kamu akan menjadi lebih cepat dan sering haus. Biasanya, orang yang mengalami diabetes akan merasa haus terus meski sudah banyak minum. 

4. Sakit Kepala

Orang dengan kadar gula darah tinggi cenderung mengalami dehidrasi. Salah satu efeknya adalah sakit kepala. Meski sakit kepala kerap kali menjadi tanda berbagai penyakit lainnya, namun tidak ada salahnya kamu memeriksakan kadar gula darahmu ketika sering mengalami sakit kepala beberapa hari belakangan. 

5. Rabun 

Tanda lainnya adalah pandangan mata yang rabun. Ketika terdapat kelebihan kadar gula dalam darah, organ lain dalam tubuh juga akan mengalami perubahan dan penurunan fungsi, seperti mata. Cleveland Clinic menulis, hal ini disebabkan karena glukosa terjebang pada lensa di anata matamu, sehingga pandangan menjadi buram. 

Jika kamu mengalami gejala-gejala ini, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Meskipun gejalanya ringan dan tidak kambuh terlalu sering. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading