Sukses

Lifestyle

3 Tips Memasak Sayur agar Tidak Hilang Nutrisinya

Fimela.com, Jakarta Mengonsumsi nutrisi yang cukup sangat penting bagi Kesehatan. Apalagi di masa pendemi seperti ini. Menjaga Kesehatan tubuh sangat penting agar imun tetap terjaga. Hal ini penting agar tubuh dapat terhindar dari penyakit.

Salah satu cara untuk mendapatkan nutrisi yang tepat adalah dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah. Maka sangat penting mengetahui cara mengolah sayuran agar nutrisinya tetap terjaga. Nah, berikut ini adalah tips memasak sayur agar nutrisinya tetap terjaga dan tidak hilang nutrisinya.

Mengukus Sayuran

Jika biasanya kamu memasak sayuran dengan merebusnya, sebaiknya mulai sekarang ganti dengan mengukusnya. Sayuran yang dikukus akan lebih terjaga nutrisinya. Merebus sayuran akan membuat nutrisinya larut di air rebusan tersebut, jadi untuk menghindarinya sebaiknya mengukus sayuran alih-alih merebusnya.

 

Tumis Sayuran dengan Benar

Salah satu sajian yang cepat dimasak adalah tumis. Memasak sayur dengan ditumis sangat mudah dan praktis. Nah, agar nutrisi yang terkandung dalam sayuran tetap terjaga, pastikan kamu menumisnya dengan benar. Gunakan minyak zaitun saat menumis, dan pastikan menumis sayuran dengan api yang kecil. Hal ini menghindari nutrisi dalam sayuran hilang saat proses penumisan.

Masak dengan Dipanggang

Teknik memasak yang disarankan agar sayur tetap terjaga nutrisnya adalah dengan memanggangnya. Sayuran yang dipanggang akan lebih terjaga nutrsinya. Memanggang sayur di oven akan menjaga lemak nabati yang terkandung dalam sayuran. Nah, cara ini pasti lebih menyehatkan alih-alih menggoreng sayuran.

Pastikan saat memanggang sayuran menggunakan panas yang rendah dan tidak perlu terlalu lama. Suhu tinggi akan menyebabkan sayuran menjadi gosong dan menghilangkan rasa asli pada sayuran.

Demikian 3 rekomendasi cara memasak yang sehat. Jangan lupa untuk selalu menjaga Kesehatan dengan mengonsumsi masakan yang sehat. Selamat mencoba.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading