Sukses

Lifestyle

Macam-Macam Sayuran Hijau yang Baik Dikonsumsi untuk Menjaga Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Sayuran merupakan salah satu bahan pangan dari tumbuhan yang sehat untuk dikonsumsi. Biasanya sayuran akan disandingkan dengan buah-buahan. Ada banyak jenis sayuran yang perlu kamu tahu, salah satunya ialah sayuran hijau.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universities of Cambridge dan Southampton menunjukkan bahwa kadar nitrat dalam sayuran berdaun hijau baik untuk kesehatan jantung. Nitrat dalam sayuran berfungsi untuk mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan darah, serta penyumbatan pada pembuluh darah yang bisa mengakibatkan komplikasi.

Tidak hanya nitrat, masih ada banyak kandungan baik lainnya yang terdapat pada sayuran hijau. Sayangnya, masih ada banyak orang yang tidak begitu menyukai sayuran padahal gizi dan nutrisinya sangat dibutuhkan tubuh. Untuk mensiasatinya, kamu bisa berkreasi dengan beragam sajian.

Nah, agar kamu semakin termotivasi untuk rajin mengonsumsi sayuran, maka kamu perlu tahu jenis-jenis sayurannya. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas macam-macam sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Brokoli dan Kubis

Brokoli merupakan salah satu dari macam-macam sayuran berwarna hijau yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya kaya akan serat, vitamin, dan mineral saja, tetapi brokoli juga mengandung antioksidan yaitu sulforaphane dan lutein yang baik untuk menurunkan risiko kanker.

Kandungan vitamin C di dalamnya, juga sangat baik untuk kebutuhan tubuh. Sayur brokoli juga dipercaya memberikan manfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, ada manfaat brokoli lainnya untuk kesehatan tubuh seperti membantu sistem pencernaan, mempercantik kulit, membantu perempuan yang sedang hamil, membantu penderita Depresi, dan lain sebagainya.

Sayur kubis juga termasuk ke dalam macam-macam sayuran yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat kubis untuk kesehatan seperi bisa melawan kanker, baik untuk pencernaan, meningkatkan kekebalan, baik untuk tulang gigi, ginjal, jantung, dan kesehatan kulit.

Bayam dan Kangkung

Berikutnya, sayuran hijau lainnya yang tidak kalah menyehatkan ialah bayam dan kangkung. Perlu kamu tahu bahwa bayam merupakan sayuran hijau yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Selain itu, bayam juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk darah. Bayam juga memiliki kandungan lutein yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, bayam juga memiliki beraneka macam vitamin seperti A, C, K, dan juga folat.

Sama dengan bayam, kangkung juga termasuk sayuran hijau yang kaya akan kandungan nutrisi. Dalam satu ikat kangkung terkandung vitamin A dan vitamin C. Selain itu, ada juga vitamin B kompleks yang berguna untuk meningkatkan hormon sehingga mampu menciptakan suasana nyaman hingga bisa membuatmu mengantuk.

Pare dan Daun Singkong

Berikutnya, sayuran hijau yang satu ini sering dihindari karena rasanya yang pahit, yakni pare. Namun, dibalik rasa pahitnya tersimpan sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh. Pare mengandung kalsium, kalium, zat besi, vitamin C, dan vitamin A di dalamnya. Kandungan tersebut ternyata ampuh dalam menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah.

Selain pare, sayuran hijau lainnya yang sering dihidangkan sebagai menu pelengkap ialah daun singkong. Daun singkong memiliki kandungan protein dan zat besi yang cukup tinggi. Selain itu, ada juga vitamin A dan vitamin C. Jika diabndingkan dengan sayur bayam, daun singkong memiliki kandungan zat besi yang setara. Bahkan kandungan protein pada daun singkong empat kali lipat dan vitamin A dua kali lipat dari bayam.

Seledri dan Selada

Seledri yang sering digunakan sebagai bahan pelengkap makanan juga kaya akan sumber mineral seperti, kalsium, zat besi, dan kalium. Selain mineral, dalam seledri juga terkandung vitamin A dan vitamin C. Komponen aktif dengan nama phthalides di dalam seledri bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Daun seledri ini memiliki segudang manfaat yang bisa dirasakan bila dikonsumsi secara rutin. Adapun manfaat daun seledri ini seperti peluruh urine, peluruh haid, menurunkan tekanan darah, penghenti pendarahan, pembersih darah (detoks), anti kejang, menghentikan kanker, serta mampu menghambat pertumbuhan sel tumor.

Tidak hanya seledri, selada yang biasanya masuk sebagai komposisi burger juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mampu mencegah penuaan dini, menguatkan tulang, meningkatkan kesuburan, menjaga kestabilan darah, menyehatkan jantung, memperkuat tulang dan gigi, mencegah kanker, membantu sembelit, serta meningkatkan kesehatan hati.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
8 Arti Mimpi Kalung Putus yang Bikin Penasaran, Ketahui Maknanya
Artikel Selanjutnya
13 Rekomendasi Buku Psikologi yang Wajib Dibaca