Sukses

Health

5 Manfaat Mengonsumsi Timun Rebus untuk Mengontrol Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Mentimun atau yang sering disebut dengan ketimun dan timun, merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi, untuk dijadikan bahan masakan. Timun bisa dikonsumsi secara mentah seperti lalapan, penghias makanan dan pelengkap makanan. Timun juga dapat diolah menjadi tumisan, minuman hingga bisa dikonsumsi dengan cara di rebus.

Sayuran yang satu ini memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi, sehingga bisa bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Timun memiliki kandungan vitamin C, kalium, vitamin K, dan antioksidan. Timun sangat baik untuk mengontrol kolesterol.

Timun bisa dikonsumsi setiap hari, sebelum maupun sesudah sarapan. Perlu diingat, terlalu banyak mengonsumsi timun juga kurang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat mengonsumsi timun rebus untuk kesehatan, dilansir dari berbagai sumber:

Manfaat Mengonsumsi Timun Rebus

1. Membantu Mendetoksifikasi Tubuh

Manfaat mengonsumsi timun rebus yang pertama, yaitu bisa membantu melancarkan proses detoksifikasi di dalam tubuh. Detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun-racun di dalam tubuh, yang bisa menyebabkan seseorang menjadi sakit. Sebenarnya proses detoksifikasi di dalam tubuh bisa terjadi secara alami, namun dengan mengonsumsi timun rebus secara rutin, proses detoksifikasi akan semakin lancar, dan racun yang ada di dalam tubuh akan keluar melalui urine dan keringat.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi timun rebus juga bisa membantu menurunkan berat badan. Sehingga timun rebus sangat cocok dikonsumi, buat Sahabat Fimela yang sedang menjalani program diet. Timun rebus memiliki kandungan yang kaya akan karbohidrat, serat dan protein. Kandungan ini bisa membuat perut terasa cepat kenyang, tidak mudah lapar dan tidak buncit. Makanan sehat ini juga memiliki kandungan yang rendah kalori, sehingga bisa dikonsumsi secara rutin tanpa takut gemuk.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Pencernaan yang tidak lancar bisa membuat tubuh menjadi lemas, letih, perut buncit, BAB tidak lancar hingga kanker usus. Timun rebus memiliki kandungan yang kaya akan serat dan air, sehingga mengonsumsi timun rebus bisa membantu sistem pencernaan lebih lancar, dan bisa membantu mencegah penyakti sembelit dan diare.

 

 

Manfaat Mengonsumsi Timun Rebus

4. Mencegah Kanker

Manfaat mengonsumsi timun rebus yang selanjutnya, yaitu bisa membantu mengurangi resiko terserang penyakit kanker, mencegah pertumbuhan sel kanker dan juga mencegah sel tumor bertumbuh. Karena timun memiliki kandungan senyawa pinoresinol, lariciresinol, secoisolaricisenol dan mineral, yang bisa membantu mencegah radikal bebas yang biasanya merusak sel tubuh. Kandungan ini juga bisa membantu meningkatkan produksi sel imun di dalam tubuh.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat mengonsumsi timun rebus bisa membantu mencegah penyakit jantung. Karena kandungannya dapat menurunkan tekanan darah atau hipertensi, yang disebabkan karena tingginya kolesterol di dalam tubuh. Timun rebus memiliki kandungan kalium yang baik untuk menstabilkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading