Sukses

Health

Cara Memasak Edamame yang Gurih, Lezat dan Baik untuk Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela pernah keliru membedakan edamame dan kedelai? Kedua makanan menyehatkan ini memang hampir mirip. Namun tidak semua kedelai bisa disebut edamame.

Edamame adalah jenis kedelai yang masih muda. Kedelai dan edamame memiliki kandungan protein yang bernutrisi, tetapi edamame memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi daripada kedelai. Karena kandungannya sangat baik untuk kesehatan, maka ada banyak orang yang mengonsumsi edamame untuk diet dan menjaga kolesterol.

Selain membantu mengurangi berat badan dan mengontrol kolesterol, edamame memiliki manfaat yang lainnya. Perlu diperhatikan saat memasak edamame sebaiknya gunakan cara yang benar, agar gizi yang terkandung dalam edamame tidak berkurang. Untuk itu, simak cara memasak edamame berikut ini:

Manfaat Edamame

1. Mencegah Kolesterol

Manfaat edamame yang pertama adalah untuk mencegah kolesterol. Kolesterol jahat yang terkandung di dalam tubuh, dapat menyebabkan seseorang mengalami gagal jantung. Sebaiknya konsumsilah edamame sebagai camilan secara rutin.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Diabetes adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Penyakit ini disebabkan karena kadar gula darah di dalam tubuh seseorang sangat tinggi. Edamame adalah camilan yang bisa dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki diabetes, karena bisa membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

3. Melancarkan Saluran Pencernaan

Jika Sahabat Fimela memiliki saluran pencernaan yang kurang lancar, sebaiknya konsumsi edamame setiap hari. Edamame memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi. Kandungan ini yang membuat bakteri baik di dalam sistem pencernaan berkembang biak, sehingga sistem pencernaan akan lebih lancar.

Anjuran Mengonsumsi Edamame

Sering kali edamame disebut dengan kedelai Jepang. Karena edamame banyak disajikan di restoran Jepang. Banyak orang gemar mengonsumsi edamame sebagai camilan, karena memiliki rasa yang manis cenderung guring.

Di dalam edamame terkandung, protein, karbohidrat, serat, zat besi, magnesium, kalsium, dan zinc. Bahkan edamame sangat kaya akan antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan antioksidan. Sehingga baik untuk tubuh dan kulit.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi edamame juga tidak baik. Sahabat Fimela bisa mengonsumsi edamame yang sudah matang, dan mengolah edamame dengan campuran sayuran lainnya. Pastikan kamu tidak alergi terhadap kacang edamame, ya.

Cara Memasak Edamame

Langkah pertama, rebus air garam terlebih dahulu. Gunakan garam secukupnya dan sesuai dengan kebutuhan harianmu. Setelah air mendidih, masukkan edamame hingga terendam seluruh bagiannya.

Untuk merebus edamame yang beku, dibutuhkan waktu rebus 4-5 menit. Jika menggunakan edamame segar, perlu waktu 5-6 menit. Sedangkan edamame muda membutuhkan waktu 3 menit. Perhatikan waktu memasak edamame dengan benar, agar teksturnya tidak lembek.

Jika edamame sudah empuk, matikan api pada kompor. Kemudian tiriskan edamame di wadah dan sajikan. Edamame yang sudah direbus bisa disimpan di kulkas selama 4 hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading