Sukses

Lifestyle

Menabung dan Sering Berbagi Membuat Uang jadi Lebih Berharga

Fimela.com, Jakarta Ada yang bilang uang bukan segalanya. Hanya saja uang tetaplah kita butuhkan dalam kehidupan. Mengatur keuangan, membuat rencana keuangan untuk jangka waktu tertentu, mewujudkan impian melalui perencanaan finansial yang baik, rencana investasi dan membeli rumah, hingga pengalaman terkait memberi utang atau berutang pasti pernah kita alami. Banyak aspek dalam kehidupan kita yang sangat erat kaitannya dengan uang. Nah, dalam Lomba Share Your Stories September 2020: Aku dan Uang ini Sahabat Fimela semua bisa berbagi tulisan terkait pengalaman, cerita pribadi, kisah, atau sudut pandang terkait uang. Seperti tulisan berikut ini.

***

Oleh: Elysa Regita Cahyani

Uang menurut aku adalah sesuatu hal yang perlu diperjuangkan di mana keberadaannya sangat berharga dan aku amat sangat menghargai uang. Menghargai dengan selalu menjaga uang itu untuk suatu hal yang tepat. Karena aku menyadari untuk mendapatkan selembar kertas uang itu amat sangat sulit butuh perjuangan, energi, bahkan kesabaran. Menyadari butuh keringat luar biasa untuk mendapatkan uang, menabung ialah salah satu rutinitas aku untuk menghargai uang.  Mulai dari nominal terkecil dari logam hingga nominal besar seterusnya dari uang aku selalu mengumpulkannya.

Hal tersulit ketika menabung ialah godaan pengeluaran. Di situlah perlu kesabaran kita untuk tidak terlalu tergoda dengan hal-hal yang tidak terlalu penting. Terkadang aku terpikir untuk ingin sekali punya baju mewah dari barang bermerek, tapi jika keuangan kita tidak sesuai tolong jangan dipaksakan. Solusi hal seperti itu dalam hidup aku ialah mencati barang dengan kualitas sama dengan harga yang terjangkau. Dan aku sangat memperhitungkan pengeluaran seperti contohnya aku harus menyisakan 70% tabungan. Tidak begitu saja uang dihambur-hamburkan.

Lebih Menghargai Uang

Aku tetap mempunyai pegangan tabungan yang bisa dipakai pada hal lainnya untuk waktu yang akan datang. Tak lupa membuat pembukuan atau pencatatan tentang segala aktivitas keluar masuknya uang, jadi di situ kita bisa identifikasi seberapa besar pengeluaran kita. Sehingga kita bisa lebih memperbaiki dan melakukan pengendalian lag untuk nominal pengeluarkan uang secara efektif ke depannya

Uang tanpa disadari juga merupakan suatu kebahagiaan. Seorang yang mendapatkan uang pasti akan bahagia. Sebenarnya bukan dari bentuk uangnya yang membuat kita bahagia sehingga lupa diri. Tapi bahagia karena uang yang memberi ketenangan. Dengan cara menabung dan dikumpulkan seseorang pasti akan merasa tenang ketika dalam keadaan darurat nantinya.

Kebahagiaan juga dapat kita salurkan dengan berbagi untuk orang yang membutuhkan menjadi mindset aku untuk berbagi sekecil apapun uang itu. Karena senyuman dari berbagi menjadi suatu kebahagiaan dan ketenangan yang lebih dari uang tabuangan yang telah kita keluarkan.

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Meski Sudah Menikah, Tetaplah Jadi Perempuan Mandiri dan Berpenghasilan Sendiri
Artikel Selanjutnya
Bersahabat dengan Uang, Bijak dalam Mengaturnya