Sukses

Lifestyle

Bersepeda Semakin Seru Secara Virtual, Gimana Caranya?

Fimela.com, Jakarta Di masa pandemi sepeda menjadi tren olahraga yang dilakukan saat masa Pandemi. Tidak heran jika banyak yang bersepeda di jalan raya di kota besar, apalagi saat car free day (CFD), banyak terlihat rombongan pesepeda.

Berdasarkan survei The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) penggunaan sepeda meningkat hingga 10 kali lipat atau meningkat 1.000 persen saat PSBB Jakarta, dibandingkan dengan pada Oktober 2019.

Bersepeda semakin menyenangkan dengan mengikuti Salonpas Sport Virtual Ride 2020. Desy Setiarini, selaku Product Manager Salonpas Sport Indonesia menyampaikan acara ini menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh melalui bersepeda, juga untuk menghindari bersepeda dengan berkelompok.

Acara bertemakan Challenge Yourself to Keep Moving” ini akan dilaksanakan selama 17 hari, mulai dari 20 November – 6 Desember 2020, didukung oleh platform VRace dari SportHeroes. Peserta dapat mulai bersepeda dengan jarak total 100 km dalam jangka waktu tersebut di manapun, baik di dalam maupun di luar Indonesia.

"Melalui acara virtual ride, peserta tetap dapat bersepeda dengan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai alat pelindung diri dan menjaga jarak fisik," ujar Desy.

Kategori perlombaan

Peserta wajib menyelesaikan ride dengan jarak 100 km sesuai dengan kategori yang telah dipilih untuk bisa mendapatkan Finsiher Medals. Namun, kategorinya beragam. Dapat dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan serta batasan masing-masing peserta.

Ada kategori Fun, yang mengharuskan peserta menyelesaikan perjalanan berjarak 100 km dalam 9 aktivitas bersepeda (8 kali bersepeda 10 km, dan 1 kali bersepeda 20 km). Lalu kategori Move, untuk perjalanan berjarak 100 km dalam 6 aktivitas bersepeda (5 kali bersepeda 15 km, dan 1 kali bersepeda 25 km). Kategori terakhir adalah Unstoppable, jarak total 100 km yang ditempuh dalam 2 kali bersepeda 30 km dan sekali bersepeda dalam jarak 40 km.

Dan bagi peserta yang akan melakukannya di dalam rumah, mereka dapat menggunakan smart trainer yang terhubung dengan beragam aplikasi olahraga seperti Garmin, Suunto, Polar, RunKeeper, MapMyRun, Ride, Walk maupun UnderArmour.

dr. Sophia Hage, SpKO, dokter kesehatan olahraga mengatakan dari sisi kesehatan olahraga, konsep multi kategori dalam kegiatan bersepeda ini memang sudah sangat tepat. Terlebih ketika para pesertanya terbuka dari berbagai usia dan kemampuan.

"Intinya, kenali kemampuan diri. Tak kenal diri sendiri itu pangkal cedera. Langkah pertama inilah yang dapat dilakukan para peserta dalam pemilihan kategori riding. Pilihlah kategori yang sesuai dengan kemampuan kita," papar dr. Sophia

dr. Sophia juga menyarankan jangan lupa, set up sepeda yang baik, melakukan teknik bersepeda yang benar, jaga fleksibilitas dan mobiliitas sendi dan alat gerak, serta tahu kapan harus istirahat.

"Kita harus melatih diri kita dengan bijaksana, bukan melatih diri dengan keras dan sekencang-kencangnya, karena justru akan memicu terjadinya cedera. Train smart, not hard," paparnya.

Peserta yang ingin mengikuti kegiatan ini, dapat melakukan pendaftaran di https://salonpasletsmove.com/virtual-ride dengan biaya Rp250.000,00. Calon peserta hanya dapat mendaftarkan untuk satu (1) akun peserta dan hanya satu (1) email yang dapat digunakan untuk membuat akun tersebut.

#changemaker

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Sebarkan Awarness Kesehatan Mental Lewat Kampanye Ride To Sky