Sukses

Lifestyle

Menulis Membuatku Lebih Berani dalam Mengekspresikan Diri

Fimela.com, Jakarta Kita bisa bersinar melalui setiap pilihan hidup yang kita buat dalam hidup. Baik dalam hal pendidikan, karier atau pekerjaan, dan pilihan soal impian serta cita-cita. Setiap perempuan bisa menjadi sosok tangguh melalui setiap pilihan hidup yang diambil. Seperti dalam tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Share Your Stories Oktober 2020: Menjadi Lady Boss Versimu ini.

***

Oleh: Putri Khaerunisa Arafah

Selama duduk di bangku SMA saya punya hobi yang hanya saya lakukan di saat waktu senggang, menulis. Menulis adalah hal yang saya sukai sejak dulu, dari sekadar menulis hal-hal acak di belakang kertas buku tulis, hingga pernah beberapa kali menulis cerita pendek. Namun sayangnya karya-karya saya yang tidak jelek-jelek amat itu, hanya tertimbun dan terhimpit di antara kertas-kertas lusuh buku tulis lama dan tidak pernah terlihat lagi apalagi tersentuh.

Saat sedang berkuliah semester awal saya semakin sering menghabiskan waktu saya dengan menulis novel. Hal baru bagi saya untuk membuat plot-plot dan adegan cerita yang lebih banyak dibanding cerita pendek yang saya suka tulis dulu. Membuat novel membutuhkan waktu yang lama tentunya sehingga saya memutuskan untuk membuat akun Watpad dan mencoba membagi cerita novel saya di situ.

Di luar hal dalam pembahasan kegiatan saya selama berkutat dengan imajinasi yang dituangkan ke dalam cerita berlembar-lembar halaman. Tentu saja ada hal yang paling membuat saya sedih selama ini. Selalu ada perlakuan tidak menyenangkan selama saya mencoba berkegiatan menulis. Diremehkan dan tidak dihargai. Orang-orang yang tidak mendukung saya bukan hanya mengabaikan tulisan-tulisan saya tetapi juga menilai tulisan saya jelek bahkan sebelum mereka membacanya. Hal lain yang tidak menyenangkan adalah plagiarisme, karena seberapa sedikit pun sebuah tulisan tentunya dihasilkan dari sebuah pikiran.

Mengekspresikan Diri

Saat Fimela membuka peluang dan kesempatan bagi saya, saya pikir bagaimana jika saya berubah menjadi putri malu yang tidak akan mengatup lagi? Menjadi pribadi yang lebih berani untuk menulis apa pun yang saya mau dan men-share tulisan saya dengan percaya diri?

Tidak mengatup lagi saat ada orang lain yang mencoba mengganggu. Lady boss, untuk saya adalah seorang wanita yang mampu mengatasi masalah dengan diri sendiri, menjadi berani dalam mengekspresikan diri, menjadi berani dalam mengungkapkan apa yang dipikirkan, berani bicara apa yang ingin dia katakan, dan berani untuk melangkah maju.

Setelah ini, saya berpikir kenapa harus malu? Kenapa harus malu untuk membagikan tulisan saya ke publik karena penilaian orang yang menaruh rasa tidak suka terhadap saya? Kenapa saya malu untuk mengekspresikan apa yang saya rasakan?

Being a lady boss for yourself, girls, you have to be brave and show the world you are worth it. Jangan malu lagi, jangan takut lagi, komentar jahat tidak boleh lantas membuat kamu menyerah. Jika memang apa yang kamu lakukan belum cukup baik, coba lagi! berdiri lagi! sampai kamu bisa jadi lebih baik.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading