Sukses

Lifestyle

Sekilas Mirip, Tapi Ini Perbedaan Tahu dan Tofu

Fimela.com, Jakarta Tidak banyak yang tahu bahwa tahu dan tofu adalah jenis olahan kedelai yang berbeda. Sekilas memang tampk mirip karena sama-sama seperti tahu. Tofu bahkan menjadi istilah Bahasa Inggris untuk semua jenis tahu.

Tofu

1. Tampilan dan tekstur

Tofu memiliki tamplan lebih halus, tidak terlihat kasar seperti tahu dan bertekstur lebih lembut di mulut saat dimakan. Saat dipegang, tofu lebih licin di tangan. Bahkan tofu cenderung lebih mudah hancur ketimbang tahu. Tofu juga lebih lebih sering disebut tahu sutra karena teksturnya yang lembut.

2. Cara membuat

Ternyata alasan utama banyaknya perbedaan tahu dan tofu terletak dari bahan penggumpal tofu. Tofu menggunakan bahan penggumpal yang disebut Glucono Delta Lactone (GDL) dengan porsi sedikit pada susu kedelai yang dipakai. Sebelum dimasak, cairan susu kedelai juga disaring, tidak seperti tahu.

Tahu

1. Tampilan dan tekstur

Tahu memiliki tekstur permukaan yang lebih kasar meskipun tetap mudah hancur. Saat dimakan, tahu juga terasa lebih bertekstur dibandingkan tofu yang lembut dan lunak. Itu karena kandungan air di dalam tahu lebih sedikit dibandingkan tofu. Saat dipegang, tahu juga tidak licin di tangan karena kulitnya yang agak kasar.

2. Cara membuat

Tahu tidak menggunakan bahan penggumpal khusus untuk membuatnya padat dan keras. Setelah dimasak, tahu akan diperas dari airnya, dan dicetak di dalam kain serta ditahan dengan pemberat agar airnya keluar. Karena tidak disaring sebelum dimasak, tahu terasa lebih padat dibandingkan tofu.

Secara harga, tahu juga lebih murah dibandingkan tofu. Di Indonesia, tofu umumnya dijual di supermarket. Jadi, itu dia sekian perbedaan tofu dan tahu yang bisa kamu ketahui.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading