Sukses

Lifestyle

Hati-Hati Kolesterol dapat Menyerang Usia Remaja, Begini Cara Mencegahnya

Fimela.com, Jakarta Hampir 10 bulan menjalani beragam kegiatan dari rumah untuk meminimalisasi terpaparnya virus Corona, terdapat hal lain yang perlu diwaspadai, yakni meningkatnya kadar kolesterol akibat kurang melakukan aktivitas fisik dan tidak memerhatikan pola makan.

Bahkan kolesterol yang identik dengan orang dewasa dan lanjut usia ini, kini bisa terjadi di usia remaja dan mengganggu pertumbuhan.

Dr. dr. Samuel Oetoro, MS., SpGK, Spesialis Gizi Klinik Konsultan Obesitas & Metabolisme mengatakan kini usia 15-20 tahun kadar kolesterolnya sudah melebihi 200 mg/dl yang bisa terjadi karena genetik orang tua atau gaya hidup.

"Kalau genetik itu mengalami kelainan, jadi produksi kolesterolnya meningkat. Belum lagi camilan mengandung margarin, asin, manis membuat usia remaja sudah terkena kolesterol. Karena kolesterol jahat akan menumpuk di dalam tubuh walau perlahan," ujar Dr.dr Samuel dalam acara Kerja Sama Prodia dan Good Doctor.

Cegah kolesterol

Untuk mencegah kolesterol sejak dini, dr. Samuel menyarankan untuk mengonsumsi makan sehat seperti makanan dari lemak baik, minyak zaitun, alpukat, ikan. Lalu kurangi makan daging merah dan kuning telur.

Lalu olah raga secara rutin. Dan jangan lupa untuk selalu memeriksakan kadar kolesterol. “Pemeriksaan berkala komponen lemak darah atau profil lipid penting dilakukan berkala untuk mendeteksipeningkatan kadar kolesterol yang bisa saja tidak disertai gejala," ujar dr. Samuel.

Pemeriksaan berkala ini penting karena peningkatan kolesterol erat hubungannya dengan peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung koroner dan stroke.

Pemeriksaan kolesterol juga dapat denga mudah menggunakan paket pemeriksaan kesehatan Prodia yang tersedia pada aplikasi Good Doctor terdiri dari 9 (sembilan) paket pemeriksaan laboratorium yang paling banyak dibutuhkan masyarakat, yakni paket pemeriksaandarah lengkap, fungsi liver, fungsi ginjal, fungsi gula, fungsi kolesterol, demam tifoid, demam dengue, demam dengue 2 dan vitamin D.

Layanan pemesanan paket pemeriksaan kesehatan Prodia, dapat diakses melalui aplikasi Grab, dengan mengeklik fitur “Kesehatan” atau “Health”, yang akan mengarahkan pengguna ke layanan Good Doctor. Di halaman utama Good Doctor, pengguna dapat memilih menu “Buat Janji Medis” atau “Make Medical Appointment”, yang kemudian akan mengarahkan pengguna ke halaman “Pilih Lokasi”.

Di halaman ini, pengguna dapat mengeklik menu “Laboratorium Klinik Prodia”, dan dilanjutkan dengan memilih jenis pemeriksaan yang ingin dilakukan, tanggal pemeriksaan, serta waktu pemeriksaan.Kemudian, pengguna akan diminta untuk mengisi data diri yang sesuai untuk proses konfirmasi.

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Cegah Kolesterol saat Idul Adha dengan Resep Yogurt
Artikel Selanjutnya
5 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Wajib Kamu Waspadai, Bisa Sebabkan Segudang Penyakit