Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Seo Dal Mi di Dunia Nyata, Ini Kisah Dua Perempuan Hebat dan Sukses dengan Bisnis Startup

Fimela.com, Jakarta Sosok Seo Dal Mi di drama Startup menginspirasi banyak orang untuk tidak menyerah saat membangun bisnis startup. Di dunia nyata, ternyata ada dua perempuan Indonesia yang mengikuti jejak Seo Dal Mi untuk merintis bisnis startup.

Adalah Halosis garapan Sonja Johan dan Gadjian garapan Afia Fitrianti yang menjadi startup yang secara resmi lulus program mentoring Immersion: Women Founders oleh Google. Kedua startup ini dinilai menjadi startup berpotensi tinggi di kawasan Asia Tenggara.

“Mendukung pewirausaha perempuan bukan hanya hal yang benar untuk dilakukan, melainkan juga cara untuk mendukung ekonomi pada saat paling dibutuhkan. Kami tahu bahwa dengan mendukung pewirausaha perempuan, efek positifnya akan berkali lipat dalam mendukung ekonomi lokal—sesuatu yang kian penting di tengah segala tantangan yang ada sekarang ini," ungkap Randy Jusuf, Managing Director, GoogleIndonesia.

Dalam program ini, sebanyak tujuh startup bermitra dengan mentor Google berpengalaman untuk membantu mereka mengatasi tantangan dalam proses berkembang. Mulai dari mendapatkan dana, meningkatkan penghasilan, dan menumbuhkan basis pelanggan. Sehingga kurikulum yang disusun berdasarkan tiga pilar utama, yakni kepemimpinan dan pengelolaan SDM, bisnis dan strategi, dan pendanaan.

 

Mendapat pelatihan yang mumpuni

“Selama mengikuti program Women Founders, saya terkesan karena pembelajaran dan mentoring yang diberikan mengakomodasi tantangan umum maupun khusus yang saya hadapi. Dari sini, membuat saya mendapat banyak framework dan cara pandang yang ingin langsung saya terapkan. Para Googler yang menjadi mentor pun sangat bersemangat dan proaktif membantu,” ungkap Afia Fitriati, Co-Founder dari Gadjian.

Senada dengan Afia, Sonja Johar pun merasa terbantu menghadapi tantangan dalam bisnis startup-nya dengan mengikuti program ini. Ia pun belajar bagaimana untuk fokus pada kendala dan tantangan yang dihadapi perempuan di dunia startup.

Dengan bisnis startup Halosis, Sonja ingin memberdayakan UMKM, terutama UMKM di Indonesia. Salah satu langkah awalnya adalah dengan menjadi pemimpin perempuan yang baik.

"Program Women Founders ini tentu saja telah membantu saya dan Halosis, lebih dekat kepada tujuannya, yaitu memberdayakan UMKM terutama wirausaha wanita di Indonesia," ungkap Sonja Johar, Co-Founder dan CTO Halosis.

Dengan dukungan yang cukup, startup mampu memecahkan berbagai masalah paling penting di dunia. Tentunya dengan berbekal ketangkasan, teknologi yang inovatif, dan ketangguhan. Google pun akan mengadakan lebih banyak program untuk memberikan kesempatan kepada pendiri startup berpotensi.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading