Sukses

Lifestyle

Sering Marah-marah, Ini 4 Tips Mengatasi Perubahan Suasana Hati saat PMS

Fimela.com, Jakarta Sindrom Pramenstruasi (PMS) dapat menyebabkan perubahan suasana hati emosional yang tak dapat dikendalikan bagi sebagian perempuan. Dalam satu hari kita bisa berubah dari menajdi marah dan tiba-tiba menjadi murunga tau sedih, diikuti dengan serangan kecemasan. Naik turunnya emosi ini biasanya disebabkan oleh hormon kita yang berfluktuasi. Kabar baiknya adalah, kita memiliki cara untuk menyembuhkan penyebab yang mendasari gejala ini agar bisa melakukan aktvitas tanpa perubahan suasana hati, depresi, dan kecemasan. Bagi kebanyakan perempuan, PMS dapat berhasil diatasi dengan perubahan gaya hidup dan pola makan. Berikut adalah beberapa cara untuk mulai mengatasi penyebab yang mendasari perubahan suasana hati saam PMS.

Olahraga

Cobalah untuk aktif setidaknya 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Bahkan berjalan-jalan setiap hari di lingkunganmu dapat membantu mengatasi perubahan suasana ha perasaan sedih, mudah tersinggung, dan kecemasan.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Usahakan untuk menahan keinginan mengonsumsi makanan cepat saji ketika PMS. Gula, lemak, dan garam dalam jumlah besar dapat merusak suasana hati. Dirimu tidak harus mengisnumsi sepenuhnya, tetapi cobalah untuk menyeimbangkan makanan ini dengan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Ini akan membantumu tetap kenyang sepanjang hari dan membantu menghindari penurunan gula darah, yang dapat membuatmu mudah tersinggung.

Tidur yang Cukup

Tidak cukup tidur dapat merusak suasana hati jika dirimu belum lagi menstruasi. Cobalah untuk tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam setiap malam, terutama dalam satu atau dua minggu menjelang menstruasi. Lihat bagaimana kurang tidur memengaruhi pikiran dan tubuhmu.

Hindari Stres

Stres yang tidak terkelola dapat memperburuk perubahan suasana hati. Gunakan latihan pernapasan dalam, meditasi, atau yoga untuk menenangkan pikiran dan tubuhmu, terutama saat dirimu mulai merasakan gejala PMS.

Nah, daripada mengalami perubahan suasana hati yang dapat mengganggu pekerjaanmu dan aktivitas, sebaiknya cegah perubahan suasana hati yang tidak menentu dengan beberapa tips di atas agar tetap bahagia dan bersemangat.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading