Sukses

Lifestyle

Mengenal 5 Manfaat Sholat Tahajud yang Mengagumkan, Bisa Tentramkan Hati

Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang memiliki segudang manfaat mengagumkan. Bahkan, sholat tahajud dianggap sebagai ibadah sholat sunnah yang paling istimewa. Telah disebutkan di dalam Al-Qur’an bahwa Sholat Tahajud dapat membuat orang yang mengamalkannya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah SWT.

Berbagai keutamaan bisa kamu dapatkan dari melaksanakan sholat tahajud dengan rutin. Sholat tahajud bisa dikerjakan kapan pun dalam kurun waktu setelah isya' sampai masuknya waktu subuh. Namun, waktu yang paling dianjurkan adalah sepertiga malam terakhir. Sepertiga malam terakhir berarti lepas tengah malam hingga masuknya waktu subuh.

Manfaat sholat tahajud bisa kamu dapatkan dengan mengikuti tata caranya dengan benar. Secara umum, cara sholat tahajud tidak jauh berbeda dengan sholat sunah pada umumnya. Mengenai jumlah rakaatnya, salat tahajud dikerjakan dua rakaat salam, dua rakaat salam, dengan jumlah rakaat yang tak terbatas.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak ulasan Fimela.com tentang 5 manfaat sholat tahajud. Dilansir dari Liputan6.com, ulasan selengkapnya ada dibawah ini.

Doa Dikabulkan dan Dosa Dihapuskan

Manfaat sholat tahajud yang pertama adalah akan dikabulkan doa-doanya oleh Allah SWT. Apalagi bila seseorang melaksanakannya di waktu utamanya yaitu di sepertiga malam terakhir.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

Selain itu, manfaat sholat tahajud lainnya adalah sebagai ajang mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghapus dosa, menolak penyakit serta pencegah dari dosa.

Dengan menjalankan sholat tahajud, maka kamu bisa mendapatkan manfaat sholat tahajud yang mengagumkan ini. Dosa dosa kecil yang pernah kamu perbuat menjadi berguguran.

Menjadi Jembatan untuk Masuk Surga

Manfaat sholat tahajud yang kedua ialah dapat menjadi sebuah jembatan untuk masuk ke surga. Untuk kamu yang ingin masuk ke surga kelak, Rasulullah menganjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud agar jalan masuk ke surga dimudahkan.

Berikut bunyi hadis yang dikatakan oleh Rasulullah SAW saat itu kepada Abdullah Ibnu Muslim berkaitan dengan keistimewaan sholat tahajud. “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

Bentuk Amalan Sholeh yang Membantu di Akhirat

Ketiga, manfaat sholat tahajud yang lainnya ialah dapat menjadi amalan sholeh yang akan membantu di akhirat nanti. Manfaat ini terdapat dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18, telah disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud, insya Allah akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal yang diberikan oleh Allah SWT ketika kelak sudah berada di akhirat.

Dalam ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa. “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

Merupakan Kebiasaan yang Dijalankan oleh Orang Bertakwa

Manfaat sholat tahajud yang keempat ialah merupakan cerminan dari orang yang bertakwa. Tentunya orang-orang saleh tersebut mengetahui bagaimana tata cara salat tahajud dan manfaat sholat tahajud yang luar biasa bagi diri mereka. Maka, bila kamu juga melaksanakan ibadah ini secara rutin, maka kamu juga termasuk orang yang saleh.

“Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad).

PLAYLIST VIDEO 27 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Makanan Khas Klaten yang Menggugah Selera
Artikel Selanjutnya
7 Rekomendasi Skincare Saat Cuaca Dingin