Sukses

Lifestyle

5 Tips Efektif Membicarakan Keuangan Bersama dengan Pasangan

Fimela.com, Jakarta Kebanyakan orang mengungkapkan bahwa kebiasaan keuangan pasangan mereka benar-benar membuat mereka harus bekerja lebih keras. Bahkan keuangan pun juga menjadi masalah utama dari keretakan rumah tangga. Membicarakan soal keuangan bersama dengan pasangan memang diperlukan bahkan diharuskan. Namun, ada saja yang masih kesulitan untuk mengajak pasangan mereka membahas bersama masalah keuangan yang dihadapi dalam rumah tangganya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu Sahabat Fimela membicarakan masalah keuangan bersama dengan pasangan agar lebih mudah.

Mulailah dengan Berbagi Masa Lalu

Cobalah untuk menceritakan tentang kebiasaan keuanganmu kepada pasanganmu. Jujurlah tentang keuanganmu di masa lalu dengan pasangan untuk menghindari kesalahan berulang. Pastikan dirimu mengevaluasi beberapa keputusan yang tidak akurat.

Bicarakan Masalah Keuangan di Pagi Hari

Membicarakannya sebelum tidur bukanlah ide yang bagus. Sementara dirimu memulai hari dengan catatan baru setiap pagi, apa pun yang didiskusikan dapat dikerjakan secara bertahap. Pada akhirnya, kebanyakan orang mematikan mental dan ada kemungkinan lebih tinggi diskusi tersebut dilanjutkan pada hari berikutnya. Ini berarti dirimu merasa ambigu sepanjang malam.

Jangan Menghakimi Pasangan

Percakapan yang tidak menghakimi dapat membantu membahas topik sensitif seperti kebiasaan uang. Cari masalahnya alih-alih memberi label pada orang yang tidak mampu menangani keuangan dengan baik. Buat tetap singkat dan sederhana, berbelit-belit akan meningkatkan konflik. Juga, mengomel atau bersikap defensif hanya akan menyebabkan ketidaksetiaan finansial.

Lebih Transparan

Uang menghambat hubungan hanya jika dirimu menganggapnya terlalu penting. Ya, itu adalah bagian penting dari keberadaanmu tetapi bukan pusat hubungan. Jadi, bicarakanlah dengan sangat tenang dan transparan. Selain itu, jangan membuatnya terdengar seolah-olah dirimu sedang membuat kesepakatan perusahaan.

Berpikir Bersama

Berpikir bersama dan berpikir untuk tujuan yang sama, sambil saling menghormati hasrat. Dirimu dan pasangan mungkin menyukai hal-hal yang berbeda seperti bepergian, seni, olahraga, musik, kebugaran, dan lainnya. Saling setuju untuk menyisihkan sejumlah uang untuk hal yang sama. Dengan cara ini, tidak ada yang dipaksa untuk mengurangi pengeluaran untuk sesuatu yang mereka sukai.

Membicarakan masalah keuangan dalam rumah tangga memang diperlukan, tentunya lihat situasi dan kondisi ya, Sahabat Fimela.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Rahasia Raditya Dika Mengelola Keuangan hingga Rp1 Miliar
Artikel Selanjutnya
5 Tips Mengelola Keuangan Anti Boncos bagi Ibu Muda di Akhir Tahun