Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Stres Bisa Diatasi dengan Cara Sederhana Ini

Fimela.com, Jakarta Kadang kondisi stres tak bisa dihindari. Dengan rutinitas dan padatnya aktivitas, rasa tertekan hingga bosan bisa menghampiri. Belum lagi dengan berbagai macam tekanan dan masalah yang datang silih berganti, rasanya hidup jadi makin tertekan dan stres sekali.

Ada banyak cara yang bisa dipilih dan dilakukan untuk mengatasi stres. Masing-masing dari kita pun pasti punya strategi atau tips sendiri untuk menenangkan diri. Tapi bila masih kesulitan untuk menenangkan diri dan mengatasi stres, cara yang satu ini bisa dicoba.

Menikmati Suasana Serbahijau

Mengutip buku Honjok Seni Hidup Sendiri, peneliti kesehatan masyarakat mendapati bahwa meluangkan waktu di alam terbuka dapat membangkitkan daya pemulihan diri untuk menghilangkan stres serta meningkatkan kebugaran dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Ada temuan menarik yang mendukung hal tersebut. Pada tahun 1984, Robert Ulrich, Ph.D., dosen di Chalmers University of Technology di Swedia, mendapati bahwa pasien berhasil mengatasi rasa sakit pasca-operasi dengan lebih baik jika melihat pepohonan dari jendela kamar. Bukti dari 140 lebih penelitian yang melibatkan 290 juta orang juga menunjukkan bahwa menikmati suasana serbahijau dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan. Suasana serbahijau yang dimaksud ini bisa meliputi taman kota, tanaman hijau di tepi jalan, hingga lahan terbuka tanpa bangunan yang dihiasi tetumbuhan alami.

Cobalah Berjalan-jalan di Alam Terbuka

Cobalah untuk berjalan-jalan di alam terbuka. Aktivitas jalan kaki memberi dampak yang positif untuk pikiran kita. Pikiran kita bisa lebih jernih saat kita berjalan kaki. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa aktivitas jalan kaki bisa bantu meningkatkan daya kreativitas. Aktivitas sederhana seperti jalan kaki di alam terbuka bisa memberi dampak yang sangat positif untuk kesehatan mental.

Menikmati suasana serba hijau atau sekadar berjalan-jalan santai di antara pepohonan bisa bantu redakan stres. Menghirup udara segar sangat membantu kita untuk bisa kembali menjernihkan pikiran. Jika belum memungkinkan untuk berjalan-jalan di luar rumah, kita bisa cukup menghabiskan waktu untuk rileks di halaman rumah ditemani tumbuhan-tumbuhan atau pohon yang ada. 

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Mengakhiri Hubungan Romantis yang Tidak Sehat
Artikel Selanjutnya
5 Zodiak Paling Suka Mengalah demi Kedamaian Hati