Sukses

Lifestyle

5 Minuman Hangat untuk Haid yang Lebih Nyaman

Fimela.com, Jakarta Saat sedang haid, biasanya tubuh terasa tidak nyaman. Selain kram perut, kadang punggung juga terasa nyeri dan seluruh tubuh sakit semua. Aktivitas pun jadi terganggu.

Salah satu cara agar bisa merasa lebih nyaman saat sedang haid adalah minum minuman hangat. Ada beberapa minuman hangat yang bisa dikonsumsi saat sedang haid untuk membuat tubuh terasa lebih nyaman. Selengkapnya, langsung simak uraiannya di bawah ini ya.

1. Air Jahe Hangat

Siapkan jahe, lalu seduh dengan air panas. Bisa juga rebus jahe dengan air hingga mendidih. Minum air jahe hangat saat sedang haid bisa bantu melancarkan haid. Air jahe adalah minuman yang bisa memberikan sensasi hangat dalam tubuh. Jahe mengandung fitonutrien yang bisa mengatur hormon dan enzim dalam tubuh. Kandungan jahe juga bisa melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Selain itu, jahe memiliki zat anti peradangan yang akan mengurangi rasa nyeri haid.

2. Air Kaldu Tulang

Joyce Faraj, PhD, RDN, CDN, ahli gizi di Mountainside, mengutip laman bustle.com mengungkapkan bahwa air kaldu tulang bisa bantu meredakan nyeri haid. Air kaldu tulang merupakan salah satu sumber asam amino anti inflamasi yang baik. Mengonsumsi air kaldu tulang hangat saat haid. bisa bantu eredakan rasa sakit. Selain itu air kaldu juga bisa bantu mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

3. Teh Chamomile

Siapkan segelas teh chamomile hangat dan nikmati perlahan untuk bantu meredakan nyeri haid. Teh chamomile mengandung hippurate yang memiliki fungsi bisa melawan peradangan. Selain itu, kandungannya juga dapat membantu mengurangi produksi prostagladin sehingga dapat meredakan nyeri haid.

4. Air Kunir Asam Hangat

Kunir asam memiliki sifat analgesik yang dapat membantu meredakan nyeri pada bagian tubuh. Kandungan kurkuminnya juga bisa menghambat produksi hormon penyebab peradangan dan nyeri. Jika kunir asam dikonsumsi secara rutin, kunir asam bisa membantu memperlancar siklus haid. Karena kunir asam mengandung esterogen alami yang melancarkan haid.

5. Air Putih Hangat

Ini minuman yang paling sederhana sekaligus yang paling penting. Umumnya nyeri haid terjadi karena dehidrasi. Maka dari itu, penting sekali untuk minum air putih yang cukup. Dengan cukupnya asupan cairan dalam tubuh, nyeri haid dapat terhindarkan. Pilih air putih hangat untuk diminum selama haid untuk memcegah kembung. 

Semoga info di atas bermanfaat dan bisa membantumu merasa lebih nyaman saat sedang haid, ya. 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading