Sukses

Lifestyle

Ini Alasan Setiap Orang Harus Yakin Dirinya Bisa Berkomitmen Sebelum Menikah

Fimela.com, Jakarta Komitmen sepertinya menjadi kata yang sangat serius dalam sebuah hubungan cinta, apalagi dalam pernikahan. Setiap orang yang ingin menikah perlu mengetahui seberapa siap ia bisa berkomitmen, karena jika tidak, pernikahan mungkin tidak akan bisa bertahan.

Hal ini bahkan bisa dibuktikan secara ilmiah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Society for Personality and Social Psychology menunjukkan bahwa kesiapan seseorang untuk berkomitmen dalam sebuah hubungan cinta akan menjamin langgengnya hubungan cinta tersebut.

Komitmen akan membuat hubungan cinta bertahan

Penelitian yang dilakukan di Purdue University ini melakukan survei terhadap lebih dari 400 orang dewasa dalam hubungan cinta dan mengukur seberapa yakin perasaan mereka terhadap hubungan tersebut, dan seberapa besar kesiapan komitmen yang mereka rasakan.

Hasilnya, keyakinan dan kesiapan seseorang dalam berkomitmen mampu memberikan kekuatan mempertahankan hubungan cinta yang mereka jalani. Chris Agnew, sebagai perwakilan penulis riset mengatakan, "Ketika seseorang merasa lebih siap, keyakinan ini cenderung memperkuat komitmen psikologis pada hubungan, mereka mau memelihara dan menjaga stabilitas hubungan."

Itulah mengapa sebaiknya menikah tidak dilakukan secara terburu-buru ya Sahabat Fimela. Waktu yang tepat memang dibutuhkan dalam hubungan cinta. Ketika seseorang tak siap berkomitmen dipaksa untuk menikah, akhirnya pasti tak akan menyenangkan.

#ElevateWomen with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading