Sukses

Lifestyle

Bukan Karena Uang, Ini 4 Alasan Utama Seseorang Memilih Bercerai

Fimela.com, Jakarta Perceraian selalu menjadi hal yang tak enak didengar apalagi dialami. Tidak ada seseorang yang serius menikah hanya untuk bercerai, namun seringkali perceraian tidak bisa dihindari. Ada banyak sekali alasan pasangan suami-istri bercerai, dan banyak orang pasti sudah bisa menebak satu dua penyebab utamanya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Journal of Sex & Marital Therapy menemukan bahwa ada empat penyebab utama pasangan menikah memilih bercerai. Survei melibatkan 2.371 orang yang bercerai yang ditanyai alasan mereka bercerai.

4 Alasan Orang Bercerai

Hasilnya, sebanyak 47% orang menjawab hilangnya keintiman menjadi alasan pertama seseorang memilih bercerai. Tidak ada lagi rasa cinta adalah penyebab utama perceraian. Ketika suami istri sudah tidak saling mencintai, tidak ada lagi keterikatan emosional dan keintiman fisik yang bisa dilakukan.

Alasan kedua adalah tidak adanya komunikasi. Sebanyak 44% partisipan mengaku tidak adanya komunikasi yang jelas menjadi penyebab hancurnya pernikahan. Diikuti alasan ketiga: tidak adanya simpati, rasa menghormati dan rasa percaya sebagai yang diakui 34% dari partisipan.

Alasan terakhir adalah semakin renggangnya hubungan yang dipilih 32% partisipan. Penelitia mengartikan ini sebagai perbedaan pandangan dan tujuan hidup, atau sudah tidak sejalan lagi.

Secara umum penyebab perceraian sebenarnya jauh dari alasan material namun dianggap sangat mendasar. Setiap orang butuh cinta, komunikasi, saling menghormati, saling percaya dan pemikiran yang sama, ketika semua itu tidak ada, mustahil menciptakan pernikahan yang bahagia.

#ElevateWomen with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading