Sukses

Lifestyle

Cara Menghadapi Suami yang Mendadak Pendiam saat Ada Masalah

Fimela.com, Jakarta Setiap pria punya karakter masing-masing. Mungkin ada sebagian dari kepribadiannya yang jauh berbeda dari kepribadian kita. Caranya bersikap menghadapi sesuatu pun bisa tak sama dengan sikap kita, termasuk ketika sedang Ada Masalah

Seorang suami bisa mendadak jadi pendiam ketika ada masalah. Sebagai istri, kadang kita merasa kesal dan jengkel dengan sikapnya itu. Tapi cobalah untuk mengerti dan lebih memahaminya. Wajar jika kita merasa tidak nyaman mendapati sikap suami yang mendadak pendiam ketika dia punya masalah. 

Melansir buku Beyond Mars and Venus, saat seorang pria berjarak atau diam, perempuan ingin mengetahui apa yang dirasakan olehnya terutama untuk mendapat peneguhan bahwa pria itu masih mencintainya. Seringkali perempuan langsung mendorong pasangannya untuk membicarakan perasaan ketika mereka sedang menjadi diam atau berjarak. Padahal hal tersebut seharusnya tidak dilakukan. Dengan kata lain, kita tak perlu langsung memaksa pasangan untuk berbicara.

Beri Dia Waktu dan Temukan Momen yang Tepat untuk Bicara

Kalau memang saat ini suami sedang ingin menyendiri, beri ia ruang dan waktu. Izinkan dia melakukan sesuatu yang membuatnya tenang dan kembali stabil.

Biasanya seorang pria akan melakukan kegiatan seorang diri, entah itu menekuni hobi atau mengutak-atik sesuatu untuk membuat dirinya kembali tenang. Baru ketika ia sudah keluar dari "guanya" dia bakal lebih siap untuk menceritakan masalahnya. Jadi, jangan buru-buru mendesaknya untuk bicara.

Bila kita langsung menodong dan memaksa suamiuntuk curhat pada saat itu juga, dia bisa makin stres. Akan lebih baik bila kita mengatakan, "Aku selalu siap mendengar ceritamu kapan saja. Kapan pun kamu ingin cerita, bisa langsung menghubungiku." Tunjukkan kalau kita selalu ada untuknya tanpa harus membuatnya tertekan untuk buru-buru menceritakan masalahnya.

Pasangan kita pastinya punya karakter dan temperamennya sendiri. Kita perlu bisa memahami dan menerima hal ini. Jangan langsung mengeluh bila ada sesuatu yang bikin kita kesal.

Saat pria sedang ingin berjarak untuk sementara waktu, itu bukan berarti dia tak mencintai kita. Hanya saja memang itu caranya untuk menyeimbangkan kembali hormon dalam dirinya untuk meredakan stres. Beri dia ruang untuk menenangkan diri, setelah ia tenang, baru cari momen yang tepat untuk membicarakan masalah yang ada demi mencari jalan keluar terbaik.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Alasan Mencintai Pria yang Sifatnya Berbeda Membuatmu Lebih Berkembang
Artikel Selanjutnya
5 Tipe Pria Kenalan dari Aplikasi Kencan yang Perlu Diwaspadai