Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Simpel untuk Cegah Berat Badan Naik

Fimela.com, Jakarta Mencegah berat badan naik kadang rasanya penuh tekanan. Saat sedang berupaya menurunkan berat badan, rasanya setiap hari tidak tenang karena prosesnya yang tidak sebentar. Tiap kali mau makan, rasanya jadi was-was. Bahkan setiap kali akan mengecek berat badan di timbangan, sudah stres duluan.

Ada sejumlah kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan upaya menurunkan berat badan. Ada beberapa hal simpel yang bisa digunakan untuk mencegah berat badan naik. Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa dipilih untuk mencegah berat badan naik, seperti yang dilansir dari laman Insider.

1. Mengutamakan Air Putih

Saat kita kurang minum, tubuh bisa salah menangkap sinyal haus dengan lapar. Selalu utamakan minum air putih setiap harinya. Lisa Moskovitz, RD, CEO dan pendiri NY Nutrition Group mengatakan bahwa meningkatkan asupan air bisa berdampak besar pada seberapa banyak makanan yang kita konsumsi seharian. Dia menyarankan untuk selalu mengawali hari dengan segelas air putih dan minum setidaknya dua gelas air sebelum makana atau menikmati camilan.

2. Memerhatikan Tekstur Makanan

Andy Bellati, RD, direktur strategis dari Dietitions for Professional Integrity mengatakan bahwa salah satu alasan kenapa es krim dan kentang tumbuk mudah sekali dikonsumsi secara berlebihan adalah karena sangat mudah untuk memakannya. Sedangkan saat makan sayur mentah, kita perlu mengunyahnya lebih lama. Ada baiknya untuk memerhatikan tekstur dari setiap makanan yang kita konsumsi. Sebab makanan yang tak perlu repot-repot dikunyah lebih lama cenderung membuat kita kebablasan saat mengonsumsinya karena merasa sangat mudah untuk melahapnya.

3. Tidur yang Cukup

Kurang tidur bisa meningkatkan stres yang kemudian bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Saat tubuh kurang tidur, kadar hormon stres (kortisol) akan meningkat. Hal ini bisa memicu makan berlebih. Disarankan untuk mendapat tujuh jam tidur malam setiap harinya.

4. Buat Rutinitas yang Tidak Selalu Berkaitan dengan Makanan atau Minuman

Kadang saat sedang liburan atau sedang bersantai di rumah, mudah sekali kita melampiaskan rasa bosan dengan makanan. Maka, penting untuk membuat dan memiliki rutinitas sendiri yang tak selalu berkaitan dengan makanan atau minuman. Bisa dengan berolahraga atau menekuni hobi.

5. Mengonsumsi Banyak Serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat bisa membantu kita merasa kenyang lebih lama. Kita bisa mengonsumsi buah-buahan, banyak sayur, kacang-kacang, hingga gandum utum secara rutin untuk bantu kita merasa kenyang lebih lama. Ganti camilan dengan kacang-kacangan seperti kacang almond dan buah kering sebagai alternatif yang lebih aman.

Lima kebiasaan di atas bisa jadi langkah awal untuk membantumu menjaga berat badan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

 

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Bisa Berdampak Positif, 5 Hal Ini Jaga Jantung Lebih Sehat
Artikel Selanjutnya
Anak Merasa Resah Tubuhnya Gemuk? Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Orangtua