Sukses

Lifestyle

Tak Bisa Lepas dari Ponsel, Waspadai Gejala Ini

Fimela.com, Jakarta Pernah mengecek dalam sehari berapa jam yang dihabiskan untuk menggunakan ponsel? Dengan semua keperluan, kebutuhan, dan rutinitas yang ada, ponsel menjadi benda penting yang harus selalu kita bawa. Keberadaan ponsel memang sangat memudahkan kita dalam banyak hal.

Hanya saja kalau kita sudah mulai kesulitan untuk lepas dari ponsel, ada sesuatu yang perlu diwaspadai. Misal, ketika sebenarnya sedang butuh waktu istirahat, tapi kita malah sibuk sendiri bermain ponsel, bisa jadi kita sedang mengalami kegelisahan. Melansir laman timesofindia.indiatimes.com, mengambil ponsel bahkan saat sebenarnya sedang tidak ada keperluan atau kepentingan menggunakan ponsel, ini pertanda pikiran kita sedang tidak tenang. Ada kegelisahan yang sebenarnya kita rasakan.

Gejala Kegelisahan

Kegelisahan umum dialami oleh anak-anak dan remaja. Namun, kita semua pasti mengalami kegelisahan dari waktu ke waktu. Saat kondisi kegelisahan ini kita abaikan, maka bisa menyebabkan kecemasan dan mengganggu rutinitas harian kita.

Orang-orang yang mengalami kegelisahan biasanya merasa sulit untuk duduk diam atau bersantai di rumah. Mereka sering merasa tidak nyaman, baik secara fisik maupun emosi. Mereka juga mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Serta punya kebiasaan menggerak-gerakkan kaki atau tangan seperti orang yang tidak sabaran.

Kegelisahan bisa jadi pertanda kecemasan. Penting untuk segera melakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi dampak yang lebih rumit ke depannya. Latihan meditasi bisa dilakukan untuk mengatasi atau meredakan rasa gelisah. Meditasi bisa bantu menenangkan pikiran dan membantu kita lebih menikmati waktu yang ada hari ini.

Latihan pernapasan juga bisa bantu menenangkan pikiran. Saat merasa gelisah, kita bisa ambil jeda untuk menarik napas dan megembuskannya perlahan-lahan. Menekuni hobi seperti berkebun, memasak, dan membaca juga bisa bantu atasi rasa gelisah.

Jika kondisi kecanduan ponsel sangat parah dan rasa gelisah tak kunjung reda, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter atau mendapat penanganan dari pakar. Jadi, berapa jam yang sudah dihabiskan untuk menggunakan ponsel hari ini?

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading