Sukses

Lifestyle

Makna Angpao dan Berapa Banyak Uang yang Bisa Diberikan saat Imlek

Fimela.com, Jakarta Bagi orang yang merayakan Imlek, tahun baru ini seakan menjadi momen 'hari raya' karena selalu erat kaitannya dengan kebersamaan keluarga, kebahagiaan, keberkahan dan doa baik. Salah satu kebiasaan yang mungkin sulit dipisahkan dari perayaan Imlek adalah memberikan angpao.

Angpao biasanya diberikan dalam amplop merah yang berisi uang. Namun apa sebenarnya makna angpao dalam Imlek dan berapa isi uang yang bisa diberikan?

Dilansir dari Chinesenewyear, istilah hóng bāo (yang kemudian disebut angpao), secara umum dapat diartikan sebagai uang untuk mendoakan tahun-tahun yang baik atau uang yang diharapkan akan mendatangkan keberuntungan.

Nominal Uang Angkao

Uang tahun baru ini umumnya diberikan kepada anak-anak atau orang tua dengan harapan mereka dapat melewati tahun itu dengan penuh keberuntungan dan berkah. Makna lain jika angpao diberikan oleh generasi muda ke generasi yang lebih tua seperti kakek dan nenek, dapat diartikan sebagai harapan umur panjang dan rasa syukur.

Jika angpao diberikan orang yang sudah menikah kepada yang masih lajang namun mereka dianggap masih seumuran atau satu generasi, dapat diartikan uang tersebut diharapkan mampu membawa rezeki dan keberuntungan jodoh.

Memberikan uang keberuntungan ini dimulai sejak Disnasti Han, diberikan dalam bentuk uang koin yang dirangkai dengan tali. Namun kini berkembang menjadi uang kertas dan diberikan dalam wadah amplop merah. Dahulu angpao hanya diberikan kepada keluarga, anak-anak dan kerabat, tapi sekarang bisa diberikan kepada siapa saja.

Lalu berapa banyak uang yang bisa dimasukkan ke dalam amplop dan diberikan?

Dahulu uang dengan nominal genap dan berurutan seperti 10, 100, 2.000, 50.000 dan seterusnya menjadi angka yang disukai karena dianggap mampu memberi kesuksesan atau keberuntungan. Namun seiring berjalannya waktu, jumlah uang angpao bisa beragam tergantung yang memberi. Tidak ada aturan baku berapa nominal uang yang harus diberi.

Wah, kira-kira kamu termasuk yang akan menerima angpao atau yang memberi angpao nih, Sahabat Fimela?

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading