Sukses

Lifestyle

Merayakan Valentine dengan Mengungkapkan Cinta dalam Bahasa Korea

Fimela.com, Jakarta Mengungkapkan rasa cinta akan lebih terasa istimewa dilakukan di hari Valentine. Kamu bisa menggunakan bahasa Korea untuk mengungkapkan rasa cinta kepada pasangan. Terlebih drama Korea yang cukup naik daun di masa pandemi memengaruhi cara seseorang dalam mengungkapkan rasa cinta.

Untuk merayakan hari Valentine, Han Jongdae atau akrab yang disapa Bandung Oppa menjelaskan bagaimana mengungkapkan cinta dalam bahasa Korea dalam LoveStreaming yang disiarkan selama 24 jam penuh. Bahasa Korea sendiri dikenal melalui konsep hangeul yang diciptakan oleh Raja Agung Sejong pada 1443. Konsep hangeul ini digunakan sebagai alfabet dalam bahasa Korea hingga sekarang.

Lalu bagaimana konsep hangeul ini bisa menjadi sebuah ungkapan rasa cinta?

1. Aku cinta kamu

Secara umum, kata cinta dalam bahasa Korea adalah saranghae. Menurut Bandung Oppa, kata "Saranghae" digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta dengan orang yang sudah memiliki kedekatan yang cukup istimewa. Sementara, jika terasa masih ada jarak, umumnya digunakan kata "Saranghaeyo".

 

2. Aku suka kamu

Dalam bahasa Korea, "Aku suka kamu" disebut Jo/a/ham/ni/da. Kalimat ini berasal dari kata Jo/a yang artinya suka. Untuk konsep yang lebih formal, digunakan kata Jo/a hae/yo.

3. Ayo kita pacaran

Dalam bahasa Korea ketika kita meminta seseorang untuk menjadi pacar kita, diungkapkan u/ri sa/gwi/ja. Untuk menanggapi ajakan tersebut, Bandung Oppa mengajarkan untuk mengatakan en/u/ri sa/ gwi/ja.

4. Aku ingin melindungimu

Dalam bahasa Korea, kamu bisa mengatakan ji/khyeo ju/ go si/pheo/yo nae/ga. Kalimat ini berasal dari kata "Go si/pheo/yo" yang artinya "Ingin", " ji/khyeo ju" yang artinya "melindungi", serta "nae/ga" yang artinya "aku".

5. Mau kencan denganku?

Ketika ingin mengajak seseorang berkencan kamu bisa katakan "de/i theu hal/lae?". Kalimat ini berasal dari kata "de/i theu" yang artinya kencan. Kemudian kamu bisa menanggapinya dengan kalimat "u/ri de/i theu ga/ja".

6. Gombalan ala Korea

Tidak hanya orang Indonesia yang suka gombal, orang Korea pun juga suka melakukan hal yang sama. Seperti "Tolong kasih tahu jalan" (gil al/lyeo/ju/se/yo). Kemudian dijawab "iya? kemana?" (ne? eo/di/yo?). Akan ditanggapi dengan "Jalan menuju hatimu" (dang/sin ma/eu/meu/ro ga/neun gil).

 

Kebiasaan orang Korea

Bandung Oppa menjelaskan bahwa ada kebiasaan bagi orang Korea untuk meminta nomor telefon seseorang yang merupakan kriteria pasangannya. Terutama di daerah ramai, seperti Gangnam. Ketika ia melihat tipe pasangan yang sesuai kriteria, orang Korea memiliki keberanian untuk menghampiri orang tersebut, memperkenalkan diri, lalu meminta nomor telefon.

Jika cocok, hubungan bisa berlanjut menjadi pendekatan yang lebih serius. Di Korea sendiri juga ada budaya minum alkohol. Menurut budaya tersebut, kepribadian asli seseorang bisa diketahui saat ia sedang mabuk.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading