Sukses

Lifestyle

4 Tips Aman Membuka Rekening Tabungan Bersama dengan Pasangan

Fimela.com, Jakarta Memiliki rasa tanggung jawab merupakan tanda bahwa hubunganmu dengan pasangan semakin dewasa. Jika dirimu belum menikah atau mungkin sedang merencanakan untuk menikah pernah terpikirkan untuk membuat rekening bersama pasanganmu? Hal ini bertujuan agar kelak tabungan yang dikumpulkan bisa untuk menambah biaya pernikahan atau biaya lainnya.

Akan tetapi sebelum dirimu menggabungkan keuangan bersama pasangan, pikirkanlah secara matang terlebih dahulu. Berikut ada tips untuk Sahabat Fimela sebelum menggabungkan keuangan bersama pasangan.

Menjelaskan Tujuan

Sebelum memutuskan ke bank dan membuka rekening tabungan bersama dengan pacarmu jelaskan alasanmu memiliki rekening tersebut. Ingatlah tujuannya, yakni sebagai cadangan yang dirancang untuk membantu meringankan pengeluaran ke depannya. Uang yang ditabung ini bisa untuk tujuan tertentu, seperti pembelian rumah atau pernikahan di masa depan, atau bisa juga untuk dana darurat.

Putuskan bagaimana dirumu dan pasangan akan berkontribusi pada tabungan tersebut, Misalnya dari jumlah pendapatan masing-masing atau membuat kesepakatan berapa besar kontribusi yang harus dikeluarkan.

Manajemen Tabungan yang Terbuka

Jika sudah jelas tentang kesepakatan besaran kontribusi dan frekuensi setiap setoran. Kemudian, tetapkanlah batasan aksesnya, karena harus benar-benar kamu lakukan secara terbuka dan jujur. Misalnya, setelah uang masuk ke dalam rekening, tentukanlah siapa yang akan membawa buku tabungan dan kartu ATM. Tentukan siapa yang melakukan pengecekan secara berkala terhadap jumlah tabungan yang sudah terkumpul. Yang terpenting kalian harus tetap jujur mengaturnya.

Menyimpan Rekening Tabungan Terpisah

Jika sudah memiliki tabungan bersama, alangkah baiknya agar dirimu dan pasangan tetap memiliki tabungan lainnya yang terpisah. Hal ini bertujuan agar uang di dalam tabungan bersama tidak tercampur dengan uang yang lainnya. Sehingga dapat menghindari permasalahan dalam pencatatatan atau kesalahpahaman ke depannya. Perlu dipahami masalah keuangan merupakan masalah yang sensitif.

Membuat Perjanjian

Tidak ada pasangan yang menginginkan hubungannya berakhir, akan tetapi ada baiknya untuk berjaga-jaga jika suatu saat dirimu putus dengan pasangan. Sebelum membuat tabungan, buat perjanjian tertulis yang ditandatangani di atas materai. Buatlah kesepakatannya terlebih dahulu, misalnya, memutuskan untuk membagi uang berdasarkan setiap kontribusi, yang dapat ditentukan dari laporan bank atau catatan pribadi.

Membuat tabungan bersama memang tidak ada salahnya. Maka pahami segala konsekuensinya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading