Sukses

Lifestyle

Tingkatkan Visibilitas UMKM Lewat Program Eksplorasi Danau Toba

Fimela.com, Jakarta Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang paling banyak potensinya. Baik dari segi pariwisata, maupun dampak bagi masyarakat sekitar dan UMKM di sana. Demi memacu pemulihan perekonomian lewat sektor pariwisata, Danau Toba menjadi salah satu sasaran pemerintah lewat program eksplorasi Danau Toba untuk meningkatkan visibilitas UMKM di sana. 

 

Grab Indonesia mendukung program ini dan menjalin kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI lewat Beli Kreatif Danau Toba demi mempercepat pemulihan ekonomi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Lewat dukungan ini, Grab Indonesia berfokus pada promosi perjalanan dan eksplorasi Danau Toba lewat layanan Grab, pelatihan peningkatan kualitas layanan bagi merchant dan mitra pengemudi, penyediaan paket promosi wisata yang menarik dan terjangkau, serta mendukung penerapan CHSE, protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustanability dari Kementerian Pariwisatadan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Program ini, menurut Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif agar dapat bertahan dalam situasi yang penuh tantangan ini. 

"Kami berharap ini dapat meningkatkan lapangan kerja di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sehingga dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi Indonesia. Peran pihak swasta seperti Grab merupakan salah satu bagian penting dalam proses ini, dan kami menyambut baik dukungan berkelanjutan yang diberikan oleh Grab kepada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air,” ungkapnya. 

4 Dukungan dari Grab Indonesia

Menurut President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, Danau Toba merupakan salah satu destinasi pariwisata yang menghadapi risiko penurunan ekonomi yang jauh lebih tinggi. Untu itu, Grab Indonesia berusaha mendukung UMKM di sana untuk bisa melanjutkan usahanya lewat 4 dukungan berikut ini: 

  • Promosikan perjalanan dan eksplorasi tujuan wisata super prioritas lewat layanan Grab, antara lain GrabCar Rental dari Medan danBandar Udara Kualanamu, serta layanan GrabCar Rental ke berbagai destinasi wisata di Medanyang dilengkapi dengan booklet pariwisata Balige.
  • Pelatihan peningkatan kualitas pelayanan dan keterampilan bagi merchant yaitu Grab '#TerusUsaha Akselerator' Batch 2 untuk UMKM dan Pelatihan Kualitas Layanan untuk UMKM dan mitra pengemudi.
  • Paket promo liburan menarik mulai tanggal 15 Februari - 15 Maret 2021.
  • Penerapan CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesiasangat penting untuk kembali meningkatkan kepercayaan konsumen dan mendorong kunjunganwisata Indonesia yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

“Beberapa destinasi pariwisata menghadapi risiko penurunan ekonomi yang jauh lebih tinggi dan sangat penting bagi kita untuk mendukung UMKM di bidang pariwisata dalam menghadapi krisis COVID-19. Hal ini dikarenakan destinasi wisata ini memerlukan pemulihan ekonomi yang lebih cepat. Melalui layanan kami dan dengan melatih UMKM dan mitra pengemudi Grab di Toba, kami berharap dapat meningkatkan aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan ini serta mendukung UMKM untuk bisa #TerusUsaha. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan dan ketahanan mereka sehingga dapat berkembang dan menjadi bagian dari pemulihan ekonomi serta mendukung program Bangga Buatan Indonesia 2021. Kami optimis industri ini akan segera pulih melalui upaya gotong-royong antara pemerintah dan swasta untuk memastikan dukungan kepada semua pihak," ujarnya. 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading