Sukses

Lifestyle

9 Rekomendasi Novel Bagus dari Penulis Korea Selatan

Fimela.com, Jakarta Suka baca novel? Punya hobi menikmati karya fiksi untuk mengisi waktu luang? Ada banyak novel bagus yang bisa dibaca untuk menghadirkan pengalaman membaca yang tak terlupakan. Kali ini, Fimela punya rekomendasi novel bagus yang bisa jadi referensi barumu.

Berikut ini sembilan rekomendasi novel bagus dari penulis Korea Selatan yang bisa jadi pilihan atau referensi bacamu. Masing-masing novel punya keunikan dan keistimewaannya sendiri. Ada yang menghangatkan hati, ada juga yang cukup menegangkan. Selengkapnya, langsung saja simak rekomendasinya di bawah ini.

1. Vegetarian

Yeong Hye seakan menjadi potret gambaran kebanyakan perempuan yang ada di masyarakat. Perempuan yang berusaha untuk menemukan kebahagiaannya. Seseorang yang pada akhirnya mencoba untuk menemukan jalannya sendiri, meski masih saja mendapat tekanan dari banyak pihak. Seorang wanita yang mencoba menemukan kebebasannya sendiri dengan cara yang mungkin terbilang tak waras bagi orang lain. Tahun 2016 novel Vegetarian karya Han Kang ini memenangkan Man Booker International Prize, penghargaan untuk novel terjemahan terbaik dari seluruh dunia. 

2. The Hole

The Hole, novel thriller Korea ini terasa pekat. Bahkan membuat kita seperti ikut merasakan penderitaan dan ketidakberdayaan Oh Gi. Ada rasa sesak, terpinggirkan, hingga merasa dipermalukan. Berada di kondisi yang tak berdaya menjadi penderitaan yang paling menakutkan bagi manusia.

3. Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982

Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982 merupakan novel yang penting. Banyak isu terkait perempuan dalam novel ini yang akan terus jadi bahan diskusi menarik. Novel ini tak hanya membuka mata kita mengenai masalah-masalah yang masih ada dan nyata dihadapi oleh kaum perempuan, melainkan juga menggugah kita untuk mengambil sikap serta berupaya mencari solusi terbaik agar bisa menjalani hidup yang lebih bermakna sebagai perempuan.

4. The Dog Who Dared to Dream

The Dog Who Dared to Dream cocok dibaca oleh anak-anak. Bagus juga dibaca oleh para pembaca dewasa. Bahkan yang memiliki ikatan emosional tersendiri terkait hewan peliharaan, membaca buku ini bisa membuat kita menitikkan air mata. Hubungan Bulu Panjang dan Tuan Pita Suara menghadirkan perasaan yang hangat sekaligus sedih.

5. The Hen Who Dreamed She Could Fly

Novel The Hen Who Dreamed She Could Fly merupakan novel yang sangat terkenal di Korea Selatan. Bahkan sudah terjual lebih dari dua juta eksemplar. Sosok Daun mewakili watak sebagian besar manusia yang ingin memiliki kebebasan. Ingin keluar jeratan dan bisa menjalani hidup sesuai impian. Mewujudkan sebuah impian yang tadinya tampak mustahil memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan.

6. I`ll Go to You When the Weather is Nice

I’ll Go to You When the Weather is Nice adalah novel romantis yang ditulis oleh Lee Do Woo dan merupakan novel terbitan tahun 2020. Tidak seperti novel romantis pada umumnya, I’ll Go to You When the Weather is Nice menyuguhkan kisah yang romantis dengan latar tempat yang unik dan menarik. 

Novel ini mencantumkan latar sebuah toko buku bernama Good Night yang diciptakan dengan filosofi sederhana oleh sang pemilik. Tidak hanya toko buku, ada pula klub buku lintas usia yang anggotanya dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga usianya yang sudah matang sekalipun. Latar tempat pedesaan di Bukhyeon, kota Hyocheon di provinsi Gangwon Korea Selatan ini membuat novel ini semakin asyik dan seru untuk dinikmati.

Alur cerita dari novel ini juga tidak kalah seru karena konfliknya sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Para karakter yang mempunyai persoalan dengan keluarga masa lalu, kenangan masa kecil, masa remaja, dan bagaimana mereka menghadapi serta melalui sehingga dapat menjalani kehidupan sampai saat ini. Pun konflik tokoh dengan sahabat di waktu remaja yang terlibat hingga dewasa.

7. Love Alert

Love Alert merupakan novel terjemahan bahasa Korea yang diterbitkan oleh Penerbit Haru pada tahun 2018 lalu dan ditulis oleh penulis Korea Selatan bernama Seo Han Gyeol. Novel bergenre romansa ini memiliki alur campuran sebab mengisahkan terkait masa lalu dan masa depan dari tokoh Woo Hyeon dan Yoo Jeong.

Dikisahkan seorang aktris yang telah lama berkarier selama 15 tahun bernama Yoo Jeong. ia kerap memainkan sebuah drama romantis yang disebut cinta pertama masyarakat Korea dan romance queen. Meskipun memiliki karir yang cemerlang, ia tetap teguh menunggu cinta pertamanya hadir. 

Singkatnya, kisah antara Yoo Jeong dan Woo Hyeon pun baru dimulai saat Yoo Jeong menghadiri penghargaan artis nasional korea dalam acara Blue Dragon, Baeksan dan Cannes.

8.The Stolen Years

The Stolen Years merupakan novel yang berasal dari skenario sebuah film. Meskipun begitu, Ba Yue Chang An selaku penulisnya sukses membuat penasaran terkait yang terjadi di masa lalu dan akankah tokoh utama tersebut dapat memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan di masa lampaunya.

Kisahnya mengambil tema mengenai hilang ikatan, sekaligus memberikan kesempatan kedua bagi karakter di cerita yang membuahkan hasil menarik daya pikat bagi pembacanya sejak di awal bab.  Alur ceritanya terbilang cukup lambat sebab tokoh karakter utama, yakni He Man harus beradaptasi dengan kehidupan asing dan mengumpulkan penggalan kenangan yang telah ia lepaskan ingatannya dari orang lain.

Adapun pesan moral yang hendak disampaikan dalam novel ini adalah perwujudan sikap untuk menghargai orang-orang yang kita cintai sehingga kita tidak terjebak oleh rasa penyesalan ketika orang tersebut pergi. 

 

9. Man of Pure Love

Man of Pure Love merupakan novel yang mengisahkan seorang mantan leader dari boyband ternama ‘Boys Be’, Yoon Do Jin yang memantapkan diri untuk bersolo karier. Ia merupakan seseorang yang bertalenta, tinggi, dan berparas tampan, tetapi memiliki sifat arogan dan terbilang buruk.

Meskipun demikian, Do Jin tetaplah dicintai oleh para penggemar setianya. Di samping itu, ada tokoh Lee Jin Su yang berprofesi sebagai seorang jurnalis untuk sebuah majalah entertainment. Ia berpenampilan acuh tak acuh, berambut keriting kecil, dan mengenakan kacamata dengan bingkai tebal. Penampilannya terlihat sangat berantakan dan tidak fashionable. 

Melalui novel ini, pembaca bisa mendapatkan imajinasi mengenai kehidupan selebritis Korea dan cara kerja jurnalis di sana dalam mencari sumber informasi untuk media berita. Ketika membacanya, kamu pasti mendapatkan sensasi seperti sedang menonton sebuah drama. 

Bagi yang menyukai ataupun hobi membaca novel terjemahan bahasa Korea, novel Man Pure of Love bisa dijadikan salah satu referensi bacaan yang sangat recommended.

Jadi, tertarik mau membaca novel yang mana dulu, nih? Atau mungkin Sahabat Fimela sudah ada yang pernah membaca sebagian atau semua novel di atas?

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
15 Rekomendasi Buku Psikologi yang Wajib Dibaca
Artikel Selanjutnya
12 Rekomendasi Buku Bagus 2021 yang Bisa Membuat Perasaan Lebih Nyaman