Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan yang Tidak Banyak Disadari

Fimela.com, Jakarta Menangis adalah tindakan manusiawi yang lumrah. Menangis dapat dipicu oleh berbagai emosi, seperti sedih, kecewa, marah kesepian dan seterusnya. Namun menangis juga sering kali didentikkan sebagai sifat cengeng, sehingga banyak orang saat menangis memilih untuk menjauhi kerumunan bahkan menghidari agar hal itu tidak terjadi.

Padahal banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa menangis memiliki manfaat bagi kesehatan dan kondisi mental seseorang, bahkan manfaat ini dimulai pada tangisan pertama bayi saat dilahirkan.

Lalu apa saja manfaat menangis bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

Mendetosifikasi Tubuh

Ada tiga jenis air mata yang dialami tubuh dan memiliki manfaatnya masing-masing, yakni air mata refleks, air mata terus menerus dan air mata emosional. Air mata refleks berguna untuk membersihkan kotoran, seperti asap dan debu. Air mata yang terus menerus membantu melumasi mata agar mata terlindungi dari infeksi. Air mata terus meneerus ini mengandung 98 persen air yang di dalamnya terkandung hormon stres dan racun lainnya. Sementara, air mata emosional dapat membantu menenangkan pikiran dan menurunkan tekanan darah.

Menenangkan Pikiran

Menangis mungkin menjadi salah satu mekanisme terbaik untuk menenangkan diri. Penelitian telah menemukan bahwa menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Sitem saraf simpatis, membantu tubuh untuk beristirahat dan melancarkan sistem metabolisme. Namun, manfaatnya tidak langsung, mungkin perlu beberapa menit untuk meneteskan air mata sebelum merasakan efek menenangkan dari menangis.

Menghilangkan Rasa Sakit

Menangis untuk waktu yang lama melepaskan oksitosin dan opioid endogen, atau dikenal sebagai endorfin. Bahan kimia yang membuat tubuh merasa nyaman ini dapat membantu meringankan rasa sakit fisik dan emosional. Setelah endorfin dilepaskan, tubuh mungkin akan mati rasa dan oksitosin dapat membuat tubuh merasa tenang Ini contoh lain tentang manfaat menangis sebagai tindakan menenangkan diri.

Tidur Lebih Nyenyak

Sebuah penelitian kecil pada tahun 2015 menemukan bahwa menangis dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak. Begitu juga, menangis memiliki efek meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa, karena menangis dapat menenangkan pikiran, meningkatkan suasana hati, dan menghilangkan rasa sakit yang dapat membantu seseorang lebih mudah untuk tertidur.

 

Membunuh Mikroorganisme Berbahaya

Menangis juga dapat membantu membunuh bakteri dan menjaga kebersihan mata karena air mata mengandung cairan yang disebut lisozim. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa lisozim memiliki sifat antimikroba yang sangat kuat sehingga dapat membantu mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh bakteri bioteror, seperti antrak sehingga mata dan tubuh bisa lebih sehat karena terjaga kebersihannya.

Demikianlah beberapa manfaat menangis bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading