Sukses

Lifestyle

Kenali 9 Perempuan Hebat Indonesia yang Mendunia

Fimela.com, Jakarta Hari Perempuan Sedunia 2021 akan dirayakan pada tanggal 8 Maret. Momentum ini merupakan kesempatan perempuan dunia merayakan pencapaiannya dan menyuarakan tentang kesetaraan gender.

Perempuan-perempuan di Indonesia sendiri telah mengukir kesuksesannya hingga mancanegara. Lewat karya-karya yang dibuat hingga pencapainnya, nama-nama perempuan ini patut menjadi kebanggan dan inspirasi perempuan Indonesia lainnya.

Siapa saja perempuan hebat Indonesia yang namanya telah mendunia? Berikut ulasannya.

1. Sri Mulyani Indrawati

Nama Sri Mulyani sudah tidak asing lagi tentu bagi masyakarat Indonesia, perempuan yang kini menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia ini langganan mendapat penghargaan Menteri terbaik di Dunia.

Pada 2019 lalu, Sri Mulyani mendapatkan Penghargaan di Asian Business Leadership Forum (ABLF) Awards 2019 untuk kategori Statepersons Awards yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE).

Masih di tahun yang sama, Sri Mulyani dinobatkan sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan asal Hong Kong, Finance Asia. Penghargaan ini sebelumnya juga telah diterima Sri Mulyani secara berturut-turut sejak 2017.

Serta masuk dalam The World's 100 Most Powerful Women 2019 versi majalah Forbes. Ia menjadi satu-satunya wakil Indonesia, yang mampu bersanding dengan pemimpin perempuan dunia lainnya.

Lagi-lagi, penghargaan ini bukan kali pertama ia dapatkan. Jauh sebelum menerima penghargaan sebagai menteri terbaik sedunia, Sri Mulyani lebih dulu mendapat penghargaan dari Singapore Institute of International Affair (SIIA) pada 2008.

Ia dinobatkan sebagai salah satu pemimpin yang berpengaruh dalam perkembangan Asia atau Leader in Rising Asia. Selang beberapa bulan, Sri Mulyani yang saat itu menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, masuk dalam daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia versi majalah Forbes.

Belum cukup sampai disitu, Sri Mulyani kembali mendapat penghargaan Internasional. Yakni sebagai Finance Minister of The Year 2008 for Asia oleh Emerging Markets.

Pada 2018, wanita kelahiran Bandar Lampung ini mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) dalam World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Baru-baru ini, Lembaga survei Indikator Politik Indonesia menempatkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani sebagai Menteri dengan kinerja terbaik di masa pandemi covid-19. Ia adalah sosok inspiratif, yang tepat untuk kita intip saat memperingati Hari Perempuan Sedunia.

2. Rini Sugiarto

Rini Sugiarto perempuan asal Indonesia ini merupakan animator kelas dunia. Ia telah berhasil mengahasilkan karya di beberapa film box office, seperti 'Hobbit 2: The Desolation os Smaug'. Tak hanya itu beberapa judul film seperti 'The Advantures of Tintin', 'The Avengers', 'Iron Man3', 'HUngers Games: Catching Fire', 'Hobbit 1', dan 'The Dawn of the Planet of the Ape.

Masih tetap bergerak di bidang animasi, kini ia bekerja untuk perusahaan di bidang teknologi, Genies Inc di Los Angeles, sebagai animation supervisor, sejak akhir tahun 2020. Genies adalah perusahaan teknologi pembuat avatar untuk ruang virtual terbesar di dunia. Bahkan ia terlibat dalam menggarap avatar Swan Mendes dan Justin Bieber dan publik figure internasional lainnya.

3. Griselda Sastrawinata

Lagi-lagi perempuan Indonesia ikut berpartisipasi dalam pembuatan film animasi top dunia, Griselda Sastrawinata. Ia pernah menjadi animator di film 'The Shrek', Moana, Frozen II, dan yang terbaru terlibat dalam film Raya and The Last Dragon.

4. Irma Hardjakusumah

Irma Hardjakusumah, orang yang bertanggung jawab di belakang dekorasi Governors Ball. perempuan lulusan Universitas Indonesia jurusan arsitektur ini terlibat dalam penggarapan desain Governors Ball untuk Oscar dan Emmy Awards. Irma juga ikut mendesain pameran akbar Swarovski Crystal di Shanghai pada tahun 2012.

Ia juga kembali dipercaya untuk membantu perancangan ruang pesta Oscars Governors Ball 2019. Irma yang juga sering mendesain ruang pameran atau panggung acara penghargaan, salah satunya Costume Designers Guild Awards di Amerika Serikat.

5. Lilyana Natsir

Mantan pebulu tangkis andalan Indonesia ini sudah tak diragukan lagi prestasinya dikancah Internasional. Ia dikenal sebagai pemain ganda campuran. Prestasi yang sempat diraih seperti Medali emas Olimpiade Rio 2016, pebulu tangkis dengan empat gelar juara dunia dalam satu nomor, juara All England open di tahun 2012- 2014 dan masih banyak prestasi lainnya.

6. Cinta Laura

Cinta Laura mengawali karirnya sebagai pemain sinetron, hingga menjadi penyanyi. berhasil menjadi pemeran utama di beberapa serial tv Amerika.

7. Dita Karang

Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang atau yang lebih dikenal sebagai Dita Karang adalah seorang penyanyi Indonesia yang berkarier di Korea Selatan. Ia dikenal karena menjadi anggota grup idola asal Korea Selatan, Secret Number, sekaligus sebagai perempuan Indonesia pertama yang memulai debutnya sebagai idola di industri K-pop. Ia menempati posisi sebagai penari utama dan vokalis di grup tersebut.

8. Nicole Zefanya

Dikenal dengan nama panggung NIKI, adalah seorang musisi, penulis lagu, dan produser rekaman asal Indonesia. Bersama dengan Rich Brian, Niki merupakan penyanyi asal Indonesia yang berada dalam payung label rekaman asal Amerika Serikat 88rising.

9. Moorisa Tjokro

Moorissa Tjokro merupakan warga Indonesia di California yang berkarya di Tesla Incorporation sebagai insinyur software autopilot. Ia bekerja sejak 2018 di Tesla Incorporation. Ia adalah satu dari enam insinyur perempuan di bidang software autopilot dari 110 insinyur di bidang ini, dalam lingkungan Tesla.

#elevate women

Loading
Artikel Selanjutnya
Ciptakan Solusi Kesetaraan Gender Berbasis Teknologi untuk 100 Mahasiswi di Indonesia