Sukses

Lifestyle

Menyebabkan Kram, Ini 7 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Tubuh akan kehilangan banyak darah saat menstruasi. Jadi untuk mengembalikan keseimbangan nutrisi dalam tubuh kamu harus mengonsumsi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Walaupun saat menstruasi bagi beberapa orang akan meningkatkan selera makan, namun bukan berarti tidak memerhatikan kandungan dan nutrisinya.

Karena mengonsumsi sembarangan makanan saat menstruasi tanpa memerhatikan dampaknya dapat mengacaukan metabolisme tubuh, seperti masalah pencernaan atau menganggu keseimbangan hormon tertentu yang bisa menyebabkan kram atau kembung.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat sebaiknya dihindari saat menstruasi. Apa saja itu? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Makanan Beku yang Diawetkan

Berat untuk mengatakan, bahwa kue atau pizza beku yang sangat kamu sukai mungkin bisa membuat menstruasi terasa lebih buruk. Tubuh akan sangat sensitif saat haid dan mengonsumsi makanan yang mengandung zat yang tidak diketahui tubuh akan menganggu sistem metabolisme dan pencernaan ke dalam sistem pencernaan.

Dan tentunya, juga bisa berdampak buruk pada menstruasi. Tubuh sudah sangat lelah bekerja pada saat menstruasi, jadi sebaiknya jangan menambahkannya dengan mengonsumsi zat yang sulit dicerna.

Minuman Bersoda

Saat menstruasi, hindarilah soda atau minuman berkarbonasi lainnya serta makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Beberapa hormon yang bertanggung jawab saat menstruasi menyebabkan retensi air dan dapat menyebabkan kembung.

Mengonsumsi makanan yang menyebabkan rasa kembung atau gas akan memperkuat efek ini pada tubuhmu dan meningkatkan ketidaknyamanan.

Makanan Berlemak Tinggi

Meskipun daging merah adalah sumber zat besi yang baik, mengonsumsi daging berlemak justru dapat membuatmu merasa lebih buruk selama menstruasi, karena dapat menyebabkan kram, kembung, dan jerawat.

Makanan dengan lemak tinggi dapat memengaruhi hormon saat menstruasi. Jadi, usahakanlah untuk menghindari makanan yang dibuat dengan potongan daging sapi berlemak, produk susu atau makanan cepat saji.

Gorengan

Gorengan biasa ditemui di mana pun, makanan ini bisa dikonsumsi sebagai lauk atau camilan. Rasanya yang gurih dan nikmat sangat digemari banyak orang.

Meskipun dirimu mungkin mengidam gorengan selama menstruasi, makanan ini dapat menyebabkan kembung dan kram perut, karena tubuh akan mengalami kesulitan selama memprosesnya. Sebaiknya hindari mengonsomsi gorengan selama menstruasi dan makanna berminyak lainnya.

Produk Susu

Mengonsumsi produk olahan susu juga dapat memicu kram menstruasi karena mengandung asam arakidonat, yang dapat memicu kontraksi berlebih. Daripada meminum olahan susu hewani, cobalah menggangtinya dengan oat, almond, atau susu kedelai sebagai penggantinya.

Olahan Biji-bijian

Menurut beberapa jurnal kesehatan, biji-bijian olahan yang dijadikan camilan atau sanck dapat menyebabkan kembung, sedangkan biji-bijian utuh akan menjaga jalur pencernaan tetap teratur.

Sementara nasi putih, tepung terigu, dan roti gandum yang merupakan olahan biji-bijian juga tidak termasuk dalam jenis ini karena makanan ini tidak memiliki banyak nutrisi tersisa setelah bulirnya diolah.

Minuman Berkafein

Dalam kesehatan, mengonsumsi minuman berkafein saat menstruasi dapat meningkatkan gejala PMS. Sehingga jika kamu meminum kopi selama haid akan mudah merubah suasana hatimu, sehingga gampang tersinggung atau marah.

Hal ini dikarenakan minuman berkafein, dapat meningkatkan tekanan dan detak jantung serta dapat menyebabkan kecemasan dan ketegangan yang dapat membuatmu merasa tidak nyaman.

Demikianlah ulasan tentang beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat menstruasi. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading