Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Cabai Hijau bagi Kesehatan Tubuh, Tinggi Kandungan Nutrisinya

Meskipun dikenal sebagai jenis cabe yang cukup pedas untuk dikonsumsi, nyatanya cabai hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, untuk mendapatkan berbagai manfaat cabai hijau tersebut juga cukup mudah. Akan tetapi, sangat disayangkan khasiat cabai hijau ini tidak sepopuler khasiat dari jenis cabai lainnya. Padahal dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut jika dikonsumsi dengan benar dan dalam takaran yang tepat.

Di Indonesia, cabai hijau ini biasa dijadikan berbagai jenis olahan makanan yang memiliki rasa sangat nikmat. Bahkan beberapa daerah menggunakan cabai hijau sebagai bahan utama di masakannya. Banyak yang mengira jika rasa dari cabai hijau sangat pedas, padahal rasa cabai hijau tidak terlalu pedas, bahkan bagi beberapa orang cenderung tidak pedas sama sekali, terutama jika dibandingkan dengan jenis cabai rawit.

Namun, memang banyak juga yang takut akan mengonsumsi cabai, karena dikhawatirkan dapat membuat perut menjadi sakit. Hal tersebut bisa saja terjadi, apabil mengonsumsi jenis cabai yang pedas seperti cabai rawit. Selain itu, mengonsumsi cabai yang sangat pedas seperti cabai rawit ketika perut kosong juga akan menyebabkan lambung bermasalah, apalagi jika memiliki penyakit asam lambung.

Namun, tidak ada salahnya untuk kamu menilik sejumlah manfaatnya. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat cabai hijau bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Sumber Antioksidan untuk Tubuh

Manfaat cabai hijau yang pertama dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh dalam menangkal berbagai radikal bebas yang berbahaya. Kandungan antioksidan ini bisa didapatkan berkat adanya kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, serta vitamin C, yang memang berbagai jenis vitamin tersebut sangat baik dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan merangsang tubuh dalam memproduksi sel penangkal radikal bebas.

Seperti yang sudah masyarakata umum ketahui, memang radikal bebas akan sangat berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas tersebut tidak hanya mampu memberi dampak bagi kesehatan kulit atau penampilan luar tubuh saja, namun radikal bebas tersebut juga dapat berdampak pada kesehatan organ dalam tubuh hingga menjadi salah satu penyebab kanker yang mematikan.

Menjaga Sistem Pencernaan

Agar tubuh terhindar dari berbagai masalah yang mengganggu pencernaan, maka sangat dibutuhkan konsumsi serat yang cukup agar pencernaan lebih lancar. Apabila pembuangan dari sisa-sisa makanan tersebut tidak dapat dibuang dengan sempurna akan menyebabkan penyakit seperti sembelit. Dengan mengonsumsi cabai hijau, maka akan memperkecil risiko pencernaan menjadi terganggu, karena cabai hijau memiliki kandungan serat, meski tidak sebanyak kandungan serat dari makanan yang lainnya seperti bayam.

Ketika mengonsumsi serat yang cukup, maka akan membuat feses semakin lunak dan akan lebih mudah dikeluarkan dari tubuh dan tentunya akan meningkatkan kinerja dari pencernaan, mengingat dampak dari pencernaan yang terganggu sangatlah banyak dan dapat menghambat berbagai aktivitas.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan antioksidan pada cabai hijau, ternyata tidak hanya baik dampaknya bagi kesehatan organ tubuh, akan tetapi juga mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit. Selain itu, kandungan phytonutrient dalam cabai hijau juga sangat mampu dalam mencegah dan mengobati masalah di kulit wajah seperti jerawat dan keriput.

Tapi jangan salah, bahkan khasiat cabai hijau tidak hanya bagi kulit wajah, kandungan silikon alami pada cabai hijau juga ternyata mampu meningkatkan sirkulasi darah yang ada di akar rambut. Selain itu, kandugnan vitamin C pada cabai juga berguna dalam menyalurkan oksigen ke rambut, dan membuat rambut lebih sehat serta kuat. Jadi, meskipun dengan bentuknya yang kecil, khasiat cabai hijau sangat banyak dan penting bagi tubuh agar selalu sehat.

Melancarkan Pernapasan

Cabai hijau selain mengandung berbagai jenis vitamin yang berperan sebagai antioksidan, serta mineral penting bagi kesehatan tulang dan gigi, ternyata dalam cabai hijau juga terkandung senyawa phytonutrient. Kandungan senyawa tersebut ternyata mampu menghasilkan dampak relaksasi pada sistem pernapasan serta dapat melindungi paru-paru dari berbagai macam risiko gangguan pernapasan seperti asma, hingga jenis penyakit paru-paru yang cukup parah seperti kanker paru-paru.

Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang sempat disebutkan pada beberapa poin sebelumnya, jika cabai hijau mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin. Beberapa vitamin tersebut merupakan jenis vitamin yang berguna dalam menjaga kesehatan mata, yaitu vitamin A. Dengan rutin mengonsumsi cabai hijau, maka sangat mungkin jika kondisi mata dapat terjaga dan dapat terhindar dari penyakit seperti katarak dan menurunnya kesehatan mata akibat pertambahan usia.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Buku Tentang Startup, Cocok untuk Pemula Bisnis
Artikel Selanjutnya
9 Arti Mimpi di Kejar Buaya yang Bikin Merinding