Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Merasa Belum Menemukan Pekerjaan yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Pekerjaan atau pilihan karier memiliki bagian yang besar dalam kehidupan kita. Sebagian waktu kita dalam hidup akan dihabiskan untuk bekerja. Berkarier dan bekerja menjadi rutinitas yang tak terpisahkan demi menjaga keberlangsung hidup dan meningkatkan eksistensi diri. Namun, bagaimana jadinya jika kita merasa tak kunjung mendapat pekerjaan yang tepat?

Selepas lulus kuliah, mungkin kita sudah punya impian atau bayangan soal pekerjaan impian dan karier ideal yang akan kita miliki ke depannya. Namun, kenyataannya tak selalu sesuai dengan harapan. Di antara kita ada yang mendapat pekerjaan yang jauh dari latar belakang pendidikan, bahkan jauh dari harapan yang pernah dibayangkan. 

1. Tetapkan Tujuan Hidup yang Baru

“Efforts and courage are not enough without purpose and direction.”- John F. Kennedy

Bisa jadi ini adalah titik untuk mengubah tujuan hidup. Saatnya untuk membuat prioritas atau target baru dalam hidup. Apalagi untukmu yang kini berusia 20an dan 30an. Pada dasarnya setiap sepuluh tahun, manusia selalu dihadapkan pada momen penting yang berpengaruh dalam hidupnya, demikian yang disebutkan dalam buku Citizen 4.0. Usia 20-30 tahun disebut Twenty Something dan usia 30-40 tahun disebut Terrific Thirties. Di usia 20-30 tahun kita telah beranjak menjadi sosok dewasa muda. Di antara kita ada yang telah menyelesaikan studi dan mulai meniti karier atau memulai usaha. Lalu di usia 30-40 tahun, banyak di antara kita yang mulai memperhatikan kestabilan dalam hidup. Makin banyak waktu yang kita habiskan untuk merefleksikan kehidupan yang telah kita jalani selama ini. Mengevaluasi lagi pekerjaan atau profesi yang kita jalani. Memandang dan membuat rancangan baru soal masa depan.

Ketika sudah terjun ke dunia kerja, kita mulai menghadapi dunia yang sebenarnya. Kita punya tanggung jawab yang lebih besar. Bahkan, tekanan pun semakin bertambah. Meski mungkin merasa pekerjaan yang dimiliki saat ini belum tepat, coba perhatikan lagi apakah pekerjaan ini bisa membawa hidupmu ke arah yang lebih baik? Jika iya, bisa jadi pekerjaan ini memang yang kamu butuhkan untuk saat ini. Tinggal sesuaikan lagi dengan tujuan hidup yang ini kamu capai.

2. Pelajari Keahlian atau Keterampilan Baru

“If you can tune into your purpose and really align with it, setting goals so that your vision is an expression of that purpose, then life flows much more easily.”- Jack Canfield

Dunia yang kita jalani saat ini bergerak dengan sangat dinamis. Banyak hal bisa berubah dengan cepat. Berbagai aspek kehidupan bisa berputar dan berbelok ke arah yang tidak pernah duga. Ketika kita mendapatkan pekerjaan yang ternyata belum sesuai dengan ekspektasi yang pernah ada, cobalah untuk meningkatkan kualitas dan kapasitias diri. Pelajari hal-hal baru. Tingkatkan kemampuan dan keahlian baru untuk membuatmu jadi pribadi yang lebih baik. 

3. Lakukan yang Terbaik dalam Pekerjaanmu Saat Ini

“Hard work is painful when life is devoid of purpose. But when you live for something greater than yourself and the gratification of your own ego, then hard work becomes a labor of love.”- Steve Pavlina

Siapa tahu pekerjaanmu saat ini sebenarnya akan membuka pintu atau gerbang ke pekerjaan yang lebih baik untukmu ke depannya. Bagi yang baru merintis karier, pekerjaan pertama bisa menjadi langkah awal untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa. Samuel Ray dalam bukunya Lagi Probation menuliskan bahwa langkah pertama menuju kedewasaan itu terdiri dari tiga kata, yaitu berhenti nyusahin orang. Menurutnya kedewasaan itu dimulai ketika bisa berdiri di atas kedua kaki kita sendiri, tanpa menjadi beban orang lain. Jika pekerjaanmu saat ini bisa membuatmu tidak lagi menyusahkan orang lain, maka tetap lakukan yang terbaik dalam setiap tugas yang diberikan padamu.

4. Bangun Jejaring yang Lebih Luas

“Success is peace of mind which is a direct result of self-satisfaction in knowing you did your best to become the best you are capable of becoming.”- John R. Wooden

Jaga hubungan baik dengan rekan-rekan kerja dan klien yang dimiliki saat ini. Bangun jejaring yang lebih luas. Asah kemampuan berkomunikasi yang baik. Miliki panutan (role model) yang bisa membantumu mengembangkan diri. Jangan ragu untuk mencari guru atau mentor baru yang bisa membantumu meningkatkan kapasitas diri di bidang pekerjaan yang kamu pilih. 

5. Izinkan Diri Terus Berkembang

“Real success is finding your lifework in the work that you love.”- David McCullough

Jangan mudah putus asa atau pesimis. Jika memang capek, istirahat. Jika merasa kewalahan menghadapi banyak tekanan, coba atur kembali prioritas dan ekspektasimu. Kalau pekerjaan saat ini membuatmu malah mengalami kemunduran, cobalah untuk terus mencari peluang-peluang baru. Izinkan diri untuk terus berkembang. Hanya karena pekerjaan yang didapat tidak benar-benar sesuai dengan idealisme yang dimiliki bukan berarti ini akhir dari segalanya. 

Semoga setiap pekerjaan yang kamu pilih dan tekuni bisa memberi makna dalam hidupmu, ya. Semoga kesuksesan dan kebahagiaan bisa selalu menyertaimu. 

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Work From Home, Ini 5 Tips Bekerja Secara Nyaman dan Efektif