Sukses

Lifestyle

Menjelang Bulan Suci, Ini 5 Tips yang dapat Membantumu Menyesuaikan Diri saat Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Jika Sahabat Fimela salah satu dari jutaan Muslim di dunia yang menjalankan Ramadhan bulan ini, kemungkinan dirimu berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam setiap hari. Puasa adalah bagian penting dari banyak tradisi agama dan biasanya dapat dilakukan dengan aman. Namun, jika dirimu memiliki kondisi kesehatan apa pun, termasuk kehamilan, menyusui, atau diabetes atau penyakit lain, sebaiknya konsultasikan dengan pemuka agama atau dokter untuk menentukan apakah dirimu masih perlu berpuasa atau dirimu dapat berpuasa tanpa bahaya.

Jika dirimu sedang mengonsumsi obat apa pun, pastikan untuk bertanya kepada penyedia layanan kesehatan apakah dirimu dapat melewatkannya dengan aman atau apakah dapat diminum tanpa makanan dan minum. Jika dirimu merasa tidak enak badan saat berpuasa, istirahatlah, pertimbangkan untuk mengonsumsi jus, dan konsultasikan dengan dokter jika gejala tidak membaik.

Puasa selama bulan Ramadhan adalah latihan mental dan fisik. Meskipun kita mungkin berbeda dalam cara kita mempersiapkan pikiran dan tubuh kita, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantumu menyesuaikan diri dengan puasa sehari-hari:

1. Tetap Terhidrasi

Cobalah minum cairan beberapa kali sepanjang malam, bahkan jika dirimu tidak merasa terlalu haus.  Haus adalah pertanda bahwa tubuhmu sudah dehidrasi. Pilih cairan yang tidak mengandung kafein, karena minuman berkafein dapat menyebabkan dehidrasi. Ingat, saat berbuka puasa atau makan malam setelah matahari terbenam dengan air tidak hanya bersifat menyegarkan, tetapi juga memastikan bahwa dirimu mendapatkan sumber hidrasi terbaik ke dalam tubuhmu sebelum terganggu oleh makanan.

Tapi, hati-hati dan jangan berlebihan dengan minum terlalu banyak pada satu waktu. Mencoba minum beberapa gelas sekaligus dapat mengencerkan elektrolit tubuh, yang menyebabkan kondisi yang berpotensi fatal yang disebut keracunan air.

2. Gizi yang Seimbang

Makan berbagai makanan di malam hari, lebih dari sebelumnya, tubuhmu membutuhkan makanan yang baik untuk mengimbangi stres akibat puasa. Biji-bijian utuh, sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, lemak sehat (lemak dari tumbuhan, seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan), semuanya penting untuk memberi tubuhmu semua nutrisi yang dibutuhkannya.

3. Perhatikan Ukuran Porsi Makan

Tubuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyadari bahwa ia sudah cukup makan. Jadi jangan berlebihan makan saat buka puasa. Makan dengan penuh dan mendengarkan saat rasa lapar benar-benar terpuaskan mengurangi stres pada tubuhmu dan memberimu lebih banyak energi daripada makan dalam jumlah besar pada satu waktu.

4. Terus Bergerak

Meskipun puasa bisa melelahkan secara fisik, cobalah untuk tidak terlalu banyak duduk. Jika dirimu biasanya berolahraga di pagi hari, lihat bagaimana perasaan tubuhmu jika dirimu beralih olahraga ke malam hari setelah berbuka puasa. Olahraga berat bukanlah ide yang baik di siang hari karena dirimu dapat dengan cepat mengalami dehidrasi. Pikirkan hal-hal kecil, seperti jalan santai singkat atau beberapa peregangan dapat membantu menjaga energi sepanjang hari.

5. Percayai Apa yang Tubuhmu Rasakan

Setiap orang adalah individu dan mungkin merasa paling baik dengan cara makan yang berbeda. Jika dirimu mengalami masalah dengan puasa dan tips ini tidak berhasil untukmu, bicarakan dengan ahli diet atau penyedia layanan kesehatan lainnya untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik berdasarkan situasimu.

Ini adalah bulan paling menyenangkan dalam setahun. Nikmati makan bersama orang lain, lakukan niat baik, dan bersabarlah dengan tubuhmu dan orang lain.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading