Sukses

Lifestyle

Tips Melakukan Investasi dan Tabung Dana Darurat bagi Pemula, Dimulai dari Rp10ribu

Fimela.com, Jakarta Investasi dan dana darurat menjadi instrumen keuangan yang mulai diperhatikan oleh masyarakat Indonesia. Terutama di masa pandemi seperti ini, investasi dan dana darurat semakin dilirik karena melihat adanya keuntungan yang cukup menjanjikan.

Untuk melakukan investasi dan menabung dana darurat tidak perlu dalam jumlah besar. Bahkan kini bisa dilakukan hanya dengan Rp10ribu saja melalui aplikasi digital. Aplikasi digital OVO menggandeng Bareksa untuk menyemarakkan animo masyarakat akan investasi dan dana darurat. Baru-baru ini, keduanya meluncurkan reksa dana pasar uang Manulife Ovo Bareksi Likuid (MOBLI) kelolaan Manulife Aset Manajemen Indonesia.

Menurut pakar perencanaan keuangan Philip Mulyana, MOBLI bisa menjadi pilihan bagi kaum milenial untuk mulai melakukan investasi. Philip menyebut MOBLI dapat memenuhi keinginan masyarakat untuk melakukan investasi sekaligus menyiapkan dana darurat.

“Kita harus ubah cara berpikir bahwa investasi harus menunggu punya gaji besar baru investasi. Padahal, kenapa kita tidak mulai dari yang kecil dulu. Tidak harus menunggu mapan untuk berinvestasi. Karena walaupun sudah mapan, tetapi tidak berinvestasi, sangat berpeluang arus dan status keuangannya tergerus. Sekarang banyak instrumen investasi yang tidak mengharuskan untuk berinvestasi mulai dari jutaan rupiah, bisa mulai dari Rp 10.000. Intinya adalah mulai saja dulu,” papar Philip.

 

Berhati-hati dalam investasi

Sebelum melakukan investasi, ada baiknya jika kamu memerhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah arus kas sebagai bagian paling bawah dalam piramida perencanaan keuangan. Baru setelah itu manajemen risiko dan terakhir bisa dilakukan investasi.

Arus kas dapat dilihat dari hasil pendapatan dan dikurangi dengan pengeluaran. Jika jumlah positif artinya arus kas aman dan terjaga. Namun sayangnya, banyak masyarakat yang tidak secara ketat mencatat pendapatan dan pengeluaran.

 

Pentingnya investasi

Philip pun menuturkan investasi menjadi hal penting mengingat tingkat inflasi di Indonesia sangat tinggi. Terlebih apabila terkait kebutuhan pendidikan anak dan membeli properti yang menuntut seseorang harus berinvestasi sedini mungkin. Selain itu, investasi di reksa dana pasar uang memiliki risiko yang relatif rendah. Mudah dicairkan jika sewaku-waktu membutuhkan dana.

Terbaru, OVO memiliki fitur investasi dalma palikasinya untuk mendorong inklusi keuangan dengan membuka akses yang terjangkau, terpercaya, dan nyaman dalam pengelolaan investasi. Dengan memanfaatkan fitur ini, masyarakat bisa mulai melakukan investasi dengan dana yang rendah.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Ersa Mayori Ajarkan Anaknya untuk Melek Investasi, Sadar Keuangan Sejak Dini
Artikel Selanjutnya
Ketahui 5 Alasan Pentingnya Memiliki Dana Darurat