Sukses

Lifestyle

4 Pola Makan Ini Perlu Dihindari saat Menjalankan Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Ramadan telah tiba dan kami semua bersemangat. Beberapa dari kita bersemangat karena tidak sabar menunggu hidangan di bulan Ramadan. Beberapa dari kita bersemangat karena Ramadan bisa menjadi awal untuk program penurunan berat badan. Dan beberapa dari kita bersemangat hanya karena Ramadannya.

Selama menjalankan ibadah puasa Ramadan, kita harus menahan hawa nafsu dan menahan haus serta rasa lapar. Dengan menjaga pola makan, dirimu dapat menjalankan puasa dengan baik dan sehat. Berikut ini adalah beberapa tips pola makan yang perlu dihindari saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. 

1. Hindari Buka Puasa dengan Makanan Berminyak

Makanan berminyak seperti lumpia, pangsit goreng, ayam goreng, kentang goreng, dan lainnya merupakan bukanlah makanan yang baik dikonsumsi saat berbukaa puasa. Makanan berbuka puasa hampir tidak pernah melewatkan salah satu dari makanan ringan tersebut. Ya, memang rasanya jauh lebih nikmat, tetapi jika dirimu mengonsumsinya terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti perut kembung atau kram perut.

2. Makan Terlalu Cepat

Jangan makan terlalu cepat, cobalah untuk duduk dan menikmati hidangan dengan tenang. Otak membutuhkan waktu sekitar 15020 menit sebelum memberikan sinyal ke perutmu apakah dirimu sudah kenyang. Artinya jika dirimu makan lebih cepat dari yang dapat diisyaratkan otak, dirimu bisa terlalu cepat sangat tertarik untuk makan terus-menerus yang akan menyebabkan dirimu mengalami kelebihan berat badan.

3. Tidak Cukup Cairan

Beberapa dari kita hampir tidak minum cukup air di hari biasa, dan hanya dengan waktu makan sekitar 6 jam, tidak mengherankan bahwa kita mungkin berada di ambang dehidrasi. Air adalah hal yang penting, apalagi selama melaksanakan puasa. Sahabat Fimela berpuasa dan cuaca di luar panas. Tidak minum cukup cairan bisa menyebabkan dehidrasi, sembelit dan masalah pencernaan lainnya yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

4. Melawatkan Sahur

Beberapa orang melewatkan sahur karena mereka mengatakan itu membuat mereka lebih lapar. Dan beberapa orang hanya ingin tidur lebih lama. Memang benar bahwa makan sahur adalah sunah dan karena itu seseorang memiliki pilihan, tetapi ketika dirimu melewatkannya, dirimu tidak hanya kehilangan pahala besar, tetapi dirimu juga menyiapkan diri untuk gagal berpuasa.

Jadi, jika dirimu hendak menjalankan puasa dengan lebih sehat, perhatikan asupan makanan yang hendak dikonsumsi ya! Penting juga bagimu untuk tetap terhidari dengan banyak minum air saat setelah shalat Tarawih dan menjelang waktu sahur.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading