Sukses

Lifestyle

Mudah Mengantuk Siang Hari selama Puasa Ramadan, Ini Dia Alasannya

Fimela.com, Jakarta Malas dan rasa ngantuk yang di luar biasa merupakan sebuah tantangan tersendiri selama menjalankan ibadah puasa Ramadan. Akan selalu ada keluhan mengantuk selama puasa dari banyak pihak dan sepertinya ini bukan hal yang mengejutkan lagi.

Meskipun sudah cukup umum merasa mengantuk di siang hari selama puasa, bukan berarti bisa diabaikan karena bagaimana pun mengantuk di siang hari mampu mengganggu kenyamanan bekerja dan menurunkan produktivitas. Lalu apa alasan sebenarnya merasa mengantuk selama puasa?

Alasan ilmiah mengantuk selama puasa

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sleep Research tahun 2003 menemukan bahwa rasa kantuk di siang hari selama puasa Ramadan disebabkan oleh berubahnya siklus tidur atau jam tidur di malam hari sehingga waktu diurnal manusia (aktif di siang hari) terganggu. Sebagai gantinya waktu tidur yang berkurang di malam hari, manusia cenderung mengantuk di siang hari karena ingin mengganti waktu tidur.

Seperti juga dikatakan oleh dr. Rahajeng Arianggarini dari MeetDoctor bahwa puasa merupakan suatu waktu ketika kita tidak mengkonsumsi makanan bahkan ketika kita sedang merasa lapar. Sedangkan semua sistem tubuh membutuhkan energi untuk melakukan proses metabolisme. Energi didapatkan dari makanan, namun karena tubuh tidak mendapatkan makanan, tubuh akan merasa lelah atau mengantuk karena tidak memiliki energi yang cukup untuk melakukan metabolisme.

Jadi jangan heran jika merasa agak mengantuk di siang hari selama puasa Ramadan karena itu adalah reaksi alami tubuh ketika kurang tidur dan diminta untuk tidak makan dalam rentang waktu tertentu, Sahabat Fimela. Tenang saja, kesehatanmu tidak terganggu kok.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading