Sukses

Lifestyle

Sahur hanya Minum Air Putih, Bolehkah dan Apa Hukumnya?

Fimela.com, Jakarta Di awal-awal puasa sebagian besar dari kita mungkin akan masih semangat menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur. Banyak orang mungkin merencanakan ingin menyediakan makanan serta minuman terbaik apa yang bisa menutrisi tubuh dengan baik.

Tapi sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu, tidak sedikit orang yang mulai malas untuk menyiapkan makan berbuka apalagi untuk sahur. Alih-alih sahur dengan nasi, lauk dan makanan bernutrisi lainnya, banyak orang justru lebih memilih minum air putih saja untuk sahur. Mengenai hal ini, apakah diperbolehkan?

Dalam hal ini, Rasulullah SAW sangat menyarankan agar umat muslim tetap makan sahur sebelum berpuasa. Sahur memiliki banyak keutamaan, bahkan sahur dengan sekadar minum air putih saja.

Minum air putih saja saat sahur diperbolehkan

Menurut Abu Said al-Khudri radhiyallahu'anhu, Rasulullah SAW bersabda, "Makan sahur itu berkah, karena itu, janganlah kalian tinggalkan, meskipun hanya dengan minum seteguk air. (HR. Ahmad 11086 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Dapat ditarik kesimpulan bahwa sahur dengan minum air putih saja tetap sah dan diperbolehkan.

Meskipun sahur dengan seteguk air diperbolehkan, tetap saja sahur sebaiknya dilakukan dengan cara makan makanan yang bergizi. Sahur hanya dengan minum air putih dikhawatirkan tidak akan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh secara keseluruhan.

Sahur hanya dengan minum air putih dikhawatirkan juga akan membuat tubuh dehidrasi, menimbulkan gangguan pencernaan hingga membuat tubuh lemas selama puasa Ramadan seharian. Jadi, akan lebih baik jika tetap makan sesuatu saat sahur ya Sahabat Fimela.

Yuk, tetap semangat menyiapkan makanan bernutrisi untuk berbuka maupun sahur.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading