Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengelola THR dengan Bijak dan Mudah

Fimela.com, Jakarta Meski pemerintah kembali mengimbau untuk tidak mudik saat Lebaran, Tunjangan Hari Raya atau THR menjadi sesuatu yang paling ditunggu. Meski sudah mendapat THR, perlu diingat bahwa pandemi COVID-19 menuntut semua orang untuk makin bijak dalam mengelola keuangan.

Sebagai dompet digital, Dana memiliki kapabilitas untuk membantu mengelola transaksi. Mengajak para penggunanya untuk mengelola THR sesuai dengan kebutuhan dan menghindari pengeluaran kurang penting.

Untuk membantu pengguna dalam mengelola THR dengan bijak, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Buat daftar catatan tujuan keuangan

Pisahkanlah uang THR dengan gaji bulanan. Tentukan tujuan penggunaan uang THR. Sebaiknya sebagian dari uang THR disisihkan untuk dana darurat atau investasi. Bagi pengguna DANA, hal ini bisa semakin mudah dilakukan dengan adanya fitur DANA Goals. Pengguna dapat membuat hingga 10 tujuan atau goal dengan total target menyesuaikan dengan batas saldo uang elektronik (khusus untuk pengguna DANA Premium) maksimal Rp8 juta.

 

2. Utamakan Kebutuhan

Jangan lupakan kebutuhan sehari-hari di tengah momen kebahagiaan Lebaran. Penggunaan pulsa telepon, belanja kebutuhan sehari-hari, hingga membayar tagihan tetap harus dibayarkan. Setelah memenuhi kebutuhan sehari-hari, barulah kam gunakan untuk memenuhi kebutuhan Lebaran.

3. Sedekah

Pos selanjutnya yang harus dipenuhi dari uang THR adalah adalah untuk membayar zakat yang menjadi kewajiban bagi umat Islam. Selain zakat, bulan Ramadan dan Idul Fitri yang penuh berkah juga bisa dijadikan momen untuk memperbesar amal ibadah melalui sedekah. Agar pembayaran zakat dan sedekah semakin mudah, praktis dan aman, masyarakat juga bisa memanfatkan DANA yang sudah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa & Kita Bisa untuk penerimaan dan penyaluran zakat dan sedekah.

4. Investasi

Jangan habiskan THR untuk bersenang-senang, sisihkanlah sebagian untuk tabungan darurat atau investasi. Pembagian THR tahun ini bisa jadi momentum yang pas untuk berinvestasi di tengah adanya larangan mudik dan pembatasan pada tempat-tempat liburan. Investasi yang bisa menjadi pilihan adalah logam mulia emas, yang dianggap sebagai instrumen safe haven.

5. Memanjakan diri

Setelah semua pos pengeluaran yang wajib dan penting dipenuhi, tidak ada salahnya menggunakan uang THR yang tersisa untuk bersenang-senang atau memanjakan diri, khususnya bagi yang suka berbelanja atau bermain game. Dengan catatan, uang yang dibelanjakan sepenuhnya adalah sisa THR.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading