Sukses

Lifestyle

5 Cara Meredakan Stres Hanya dalam 5 Menit

Fimela.com, Jakarta Ada banyak hal yang bisa memicu stres. Mulai dari pekerjaan, masalah rumah tangga, atau konflik dengan pasangan yang menimbulkan rasa cemas mengganggu. Jika hal ini terus dibiarkan, stres bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan stres juga bisa menggangu produktivitas.

Kabar baiknya, terdapat langkah-langkah sederhana yang bisa Anda terapkan untuk meredam stres. Tak memakan waktu lama, hanya dalam waktu lima menit stres Anda akan berkurang.

Berikut ini 5 cara meredakan stres seperti yang dikutip dari Today.

 1. Fokus pada pernapasan

Psikiater Marlynn Wei mengatakan, pernapasan ritmis adalah latihan meredam stres yang baik. Cara ini juga tak memerlukan banyak latihan. "Saya pikir ini mudah digunakan dan bagus untuk pemula," ujar Wei.

Anda hanya perlu memasang fitur timer selama tiga menit. Kemudian tarik napas dalam-dalam melalui hidung dalam hitungan lima detik. Tahan napas selama lima detik. Ulangi berikutnya hingga selama tiga menit.

 jika Anda tidak hanya stres, tetapi juga lelah, Wei merekomendasikan melakukan latihan pernapasan sambil berjalan. Cobalah mengatur ritme napas agar selaras dengan kecepatan berjalan untuk mengatasi stres.

 2. Jauhkan ponsel Anda

 Terus menerus memeriksa notifikasi ponsel dapat membuat Anda stres. Karena itu, cobalah luangkan waktu untuk sama sekali tidak bersentuhan dengan ponsel. Dengan menunda notifikasi, Anda menciptakan ruang mental untuk fokus pada diri sendiri. 

 Saat fokus pada diri sendiri, berlatihlah bernapas perlahan, tutup mata, dan alihkan pikiran Anda ke sesuatu yang Anda syukuri. Penelitian menemukan, memfokuskan diri pada rasa syukur terbukti dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang.

 

3. Gunakan aplikasi meditasi

Penelitian menunjukkan meditasi dapat membantu meredakan kecemasan dan Depresi. Ada banyak aplikasi meditasi gratis yang bisa Anda unduh untuk melakukan meditasi singkat.

 Ahli psikologi Nick Allen menyarankan Anda untuk mencoba melakukan meditasi saat tidak sedang merasa stres. Semakin banyak Anda berlatih meditasi, maka semakin baik hasil yang didapat.

 4. Dengarkan lagu menenangkan

 Ahli psikologi Emmeline Edwards mengatakan, terapi musik juga menjadi cara yang bagus untuk memberikan ketenangan. "Korteks pendengaran terhubung ke area lain di otak yang terhubung ke sistem penghargaan, sistem motorik, pusat motivasi, dan regulasi emosi." jelas Edwards.

 Penelitian menunjukkan bahwa musik dapat membantu seseorang menghadapi gangguan terkait stres, depresi ringan, dan kecemasan.

 5. Minum secangkir teh hangat

Alih-alih minum kopi, Wei menyarankan Anda untuk minum secangkir teh hangat sebagai salah satu cara meredam stres dalam lima menit. "Singkirkan ponsel atau gawai, habiskan beberapa menit untuk fokus pada rasa teh, suhu, dan memperhatikan segala sesuatu tentang cangkir." ujar Wei.

 Latihan ini membantu Anda terhindar dari pikiran-pikiran lain yang mengganggu, dan juga membantu Anda fokus pada sesuatu yang menenangkan. Meskipun Anda tidak dapat sepenuhnya menjauh dari penyebab stres, Anda dapat menggunakan secangkir teh sebagai sinyal untuk menekan jeda sejenak.

 

Penulis: Hilda Irach

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Perlu Keluar Rumah, Berikut 4 Cara Self-care Dengan ‘Salon di Rumah’ Untuk Atasi Stres Selama Pandemi
Artikel Selanjutnya
5 Cara Sehat Meredakan Stres tanpa Harus Keluar Rumah